6 Cara Mencegah Osteoporosis Pada Wanita Menopause, Mudah dan Tanpa Perlu Banyak Modal!

6 Cara Mencegah Osteoporosis Pada Wanita Menopause, Mudah dan Tanpa Perlu Banyak Modal!

6 Cara Mencegah Osteoporosis Pada Wanita Menopause, Mudah dan Tanpa Perlu Banyak Modal!-Freepik.Com/ Surkinson-

RADARPEKALONGAN - Memiliki tulang yang kuat tentu menjadi impian semua orang termasuk wanita menopause. Tapi, tak banyak yang tahu cara mencegah osteoporosis pada wanita menopause. Alhasil, banyak yang mengalami keluhan seputar tulang keropos siring bertambahnya usia. 

Ketika memasuki masa menopause, seorang wanita bisa mengalami tingkat risiko osteoporosis lebih tinggi. Hal ini dikarenakan tidak adanya siklus menstruasi. Sehingga tulang menjadi kurang padat dan mudah untuk patah.

Alhasil, pada masa ini seorang wanita akan mengalami kesulitan ketika beraktivitas. Bahkan, bisa juga mengalami masalah lain yang bisa menjadi lebih serius.

Lalu, apakah faktor paling penting yang menyebabkan osteoporosis pada wanita? Khususnya dalam hal penyebab osteoporosis pada wanita menopause. Diketahui hal ini dikarenakan adanya penurunan pada kadar estrogen yang menjadikan timbulnya masalah pengeroposan tulang. 

Secara umum kebanyakan wanita akan mengalami kehilangan massa tulang hingga 10 persen dalam waktu lima tahun pertama usai mouse. Sehingga, informasi seperti ini menjadi penting dan perlu dipraktekan. Yuk, simak selengkapnya. 

BACA JUGA: Cegah Osteoporosis! Ini 6 Cara Menjaga Kesehatan Tulang Pada Wanita yang Paling Efektif Bikin Badan Bugar

BACA JUGA: 6 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur, Wanita Wajib Tahu!

1. Rutin Melakukan Olahraga

Urutan pertama dari cara mencegah osteoporosis pada wanita menopause adalah dengan rutin melakukan olahraga. Setiap wanita akan mengalami masa terbaik bagi tulang di usia 25 hingga 30 tahun. 

Pada waktu inilah bagi kamu yang belum menopause juga bisa rutin melakukan olahraga. Sebab, akan memperkuat tulang dan kamu pun senantiasa bergerak dengan aktif hingga lanjut usia nanti. 

Kamu bisa melakukan beberapa jenis olahraga minimal 30 menit sehari. Misalnya, melakukan jogging, memanjat tangga, aerobik atau melakukan tenis. Sehingga, tulang senantiasa aktif dan sehat.

2. Tingkatkan Jumlah Asupan Kalsium

Hal lain yang juga perlu kamu lakukan yaitu dengan peningkatan jumlah asupan kalsium. Minimal kamu bisa memenuhi kebutuhan harian bagi tubuh. Sehingga, dapat bekerja efektif untuk memperkuat tulang. 

Beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi seperti brokoli, kangkung, salmon, buah jeruk, kacang-kacangan hingga susu segar. Minimal, kamu perlu mengkonsumsi sebanyak 1.200 mg per hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: