Jelang Nataru, Tim Gabungan Temukan Makanan Kadaluarsa

Jelang Nataru, Tim Gabungan Temukan Makanan Kadaluarsa

KOTA TEGAL - Tim gabungan menemukan makanan kadaluarsa dan kemasan rusak saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah minimarket menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Tim gabungan terdiri dari Dinas Kesehatan, Polres Tegal Kota dan Kejaksaan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Sri Primawati Indraswari menyatakan, sidak dilakukan sejak Selasa (15/12) di sejumlah tempat yang sering dikunjungi warga untuk berbelanja. Memang tidak ditemukan makanan dengan kandungan kimia berbahaya.

"Tetapi di swalayan yang kecil-kecil masih ditemukan makanan dan minuman kadaluarsa dan kemasan rusak. Itu masih diperjual belikan," ujar Prima, Kamis (17/12).

Dia menjelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk memastikan makanan dan minuman yang beredar di Kota Tegal aman dari makanan kadaluarsa dan mengandung bahan berbahaya seperti borak (pengawet kimia berbahaya) dan rodamin (pewarna kimia berbahaya). Hal Itu dilaksanakan dengan menyasar semua mall, mini market, warung termasuk di pasar tradisional.

"Selain mengecek kemasan, kami juga melakukan uji laboratorium di lokasi sidak," jelas Prima. (mei)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: