Produk UMKM Kabupaten Pekalongan Tak Kalah Bersaing

Produk UMKM Kabupaten Pekalongan Tak Kalah Bersaing

TUNJUKKAN - Para pelaku UMKM Kabupaten Pekalongan tengah menunjukan produk lokal yang mampu bersaing dengan produk nasional. -Triyono-

KAJEN - Di era modern dan digital saat ini, pelaku UMKM terus berinovasi untuk bersaing dengan produk luar daerah. Bahkan produk UMKM Kabupaten Pekalongan tidak kalah siangnya dengan produk nasional. 

Terbukti saat ini produk UMKM binaan Dekranasda Kabupaten Pekalongan mampu menunjukan kualitasnya. Produk tersebut seperti topi, tas, batik, tempat sampah dari bahan daur ulang, bahkan cairan pembersih perabot dapur. 

"Cairan pembersih untuk perabot dapur ini saya buat sendiri, alhamdulillah produk bisa bersainh dengan bren ternama. Mudah mudahan ini bisa memotivasi pelaku UMKM bahwa produk kita juga bagus dan diterima oleh masyarakat, "ungkap pelaku UMKM asal Kabupaten Pekalongan, Siboy, Rabu (30/8/2023). 

Meski penjualan produk belum begitu banyak, namun barang yang dijual kerap habis karena banyak pesanan. 

"Selain penjualan manual kita juga memasarkan dengan cara online. Untuk harga cukup murah dan terjangkau," ujarnya.

Untuk menguatkan sistem pemasaran, kata dia, pihaknya selalu ikut dalam kegiatan pameran ataupun pelatihan. Dengan begitu maka bisa mendorong promosi barang yang ada. 

"Kami menyampaikan terimakasih kepada Dekranasda Kabupaten Pekalongan yang telah memberikan pembinaan, pelatihan dan memberikan peluang untuk promosi produk UMKM. Sehingga produk kita dan teman teman pelaku UMKM bisa lebih dikenal dan pemasaran meningkat, " imbuhnya. (Yon) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: