5 Manfaat Air Mawar, Bisa untuk Kesehatan Kulit dan Mata, Obati Luka dan Sakit Kepala

5 Manfaat Air Mawar, Bisa untuk Kesehatan Kulit dan Mata, Obati Luka dan Sakit Kepala

--

Bunga mawar tak hanya sekadar lambang cinta. Jauh dari pada itu, bunga mawar yang telah diolah menjadi air mawar memiliki banyak khasiat.

Bunga mawar sudah digunakan sebagai pengobatan sejak zaman dahulu. Orang Mesir Kuno banyak merebus bunga mawar untuk dijadikan balsem yang berkhasiat membersihkan dan melindungi kulit dari angin gurun yang kering. 

Air mawar juga banyak digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit. Sejumlah penelitian menunjukkan bunga mawar memiliki kandungan yang baik seperti anti-inflamasi, antioksidan, vitamin, hingga minyak alami. Efek ini membuat air mawar banyak digunakan sebagai alternatif untuk pengobatan. 

Berikut manfaat air mawar :

- Menjaga kesehatan mata

Air mawar juga dapat digunakan sebagai obat tetes mata. Studi menunjukkan air mawar memiliki manfaat yang sangat baik bagi penderita masalah mata seperti konjungtivitis, mata kering, kondisi degeneratif mata, dan katarak.

- Menjaga kesehatan kulit

Antioksidan yang terkandung dalam air mawar bisa melindungi sel-sel di kulit yang mengalami kerusakan. Air mawar juga memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat dioleskan pada kulit untuk menenangkan iritasi yang disebabkan oleh kondisi, seperti eksim dan rosacea.

- Mengobati luka

Air mawar memiliki sifat antiseptik dan antibakteri sehingga dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat dan menjaganya tetap bersih. 

Beberapa luka yang bisa diobati dengan air mawar yakni, luka bakar, bekas luka hingga infeksi. Air mawar dapat mendorong pembentukan histamin dalam sistem kekebalan dan telah terbukti bermanfaat untuk mencegah dan mengobati infeksi.

- Mengobati sakit kepala

Air mawar juga diyakini bisa menyembuhkan sakit kepala. Air mawar telah digunakan sebagai aromaterapi dan juga dapat dioleskan ke anggota tubuh dan kain untuk meredakan gejala sakit kepala.

- Meningkatkan suasana hati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: