Kepala Kemenag Monitoring Pelaksanaan ANBK

Kepala Kemenag Monitoring Pelaksanaan ANBK

MONITORING - Dalam meningkatkan evaluasi pembelajaran dari satuan kerja pendidikan, Kepala Kantor Kementerian Agama melakukan monitoring ANBK. -Triyono-

KAJEN - Untuk meningkatkan evaluasi pembelajaran dari satuan kerja pendidikan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, H. Imam Tobroni, S.Ag., M.M. melakukan monitoring pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) hari pertama di MAN Pekalongan Kedungwuni, Kamis (31/08/2023). 

Kepala Kankemenag Kabupaten Pekalongan, H. Imam Tobroni menyampaikan bahwa ANBK diselenggarakan guna menghasilkan informasi yang akurat supaya dapat memperbaiki kualitas belajar dan mengajar. Dengan begitu nantinya akan meningkatkan kualitas belajar siswa.

"Alhamdulillah secara umum ANBK tahun ini berjalan dengan lancar dan tanpa kendala berarti. Memang ada sedikit kesulitan sinyal internet namun hal tersebut bisa diatasi dengan baik oleh madrasah. Usaha tersebut patut diapresiasi untuk menjamin kelancaran ANBK," ucap H. Imam.

Ia juga menyampaikan ANBK dapat menjadi kesempatan yang baik untuk mengetahui kemampuan literasi membaca, literasi numerasi, survey dan survey lingkungan belajar. 

"ANBK merupakan kesempatan yang tepat agar madrasah dapat mengukur dan mengetahui kemampuan siswa sehingga kualitas pembelajaran terus meningkat," sampainya.

Untuk itu H. Imam berharap pelaksanaan ANBK bisa berjalan lancar tanpa kendala yang berarti hingga akhir kegiatan, dan berharap madrasah dapat menciptakan iklim pembelajaran yang baik pada satuan pendidikan.

Kedatangan tim Monev tersebut disambut langsung Waka Kurikulum, Humas serta Kepala Urusan Tata Usaha di MAN Pekalongan, Supriyanto, M.Pd, Mudasir Sinaga, MH dan Rizqon Arifianto, SH.

Supriyanto menyampaikan rasa syukur atas monitoring yang dilakukan sebagai bentuk komitmen Kemenag dalam peningkatan kualitas madrasah.

"ANBK yang merupakan pengganti Ujian Nasional yang fokusnya pada input, proses, dan output pembelajaran ini sangat penting dimonitoring dan dievaluasi agar dapat menjadi kontrol dan masukan bagi kami sebagai penyelenggara ANBK,"terangnya.(yon) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: