Pemkab Janji Siapkan Lebih Banyak Hadiah Jika Masyarakat Makin Sadar Bayar Pajak

Pemkab Janji Siapkan Lebih Banyak Hadiah Jika Masyarakat Makin Sadar Bayar Pajak

SERAHKAN - Asisten Pemkab Batang, Asri Hermawan secara simbolis saat menyerahkan hadiah sepeda motor kepada perwakilan pemenang pajak. -Radar Pekalongan/Novia Rochmawati -

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Pemkab Batang melalui Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Batang, kembali menggelar Undian Gebyar Sadar Pajak Tahap Pertama, Minggu (3/9/2023) di CFD Jalan Veteran Batang.

Pada kesempatan ini total ada 3 motor dan 6 sepeda yang dibagikan untuk masyarakat yang sadar membayar pajak. Selain itu juga ada aneka hadiah menarik lainnya, seperti lemari es, TV, dan aneka hadiah lainnya untuk masyarakat sadar pajak dan masyarakat umum yang mengikuti jalan sehat. 

"Makannya buat yang belum bayar pajak segera bayar, karena itu wajib bagi semua masyarakat Kabupaten Batang. Kalau di periode akhir nanti bisa mencapai 70%, rencananya hadiah motor diperbanyak menjadi 15 unit nantinya setiap kecamatan di Kabupaten Batang bisa dapat hadiah sepeda motor," ujar Kepala BPKPAD Batang, Sri Purwaningsih usai kegiatan. 

Dijelaskannya, Gebyar Sadar Pajak kali ini sudah melampaui target yang ditentukan yakni Rp6,5 miliar, kami sudah mendapatkan Rp21,9 miliar baik itu dari pajak PBB maupun pajak Resto.

“Meskipun begitu, pada tahap pertama capaiannya masih 44% mudah-mudahan diakhir periode bisa mencapai 70%, karena biasanya kita mendapatkan hanya 60% saja,” terangnya.

Dalam kesempatan ini ada beberapa masyarakat yang beruntung mendapatkan hadiah. Yakni Pemenang Motor Pajak Resto diperoleh oleh Sandra Mayang Sari, Pemenang Motor Pajak PBB didapatkan oleh Suginto, dan Pemenang Motor PBB didapatkan oleh Lesty Puspitasari.

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, bahwa adanya Gebyar Sadar Pajak Tahap Pertama Tahun 2023 memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah berperan serta dalam pembangunan Kabupaten Batang melalui kepatuhan membayar pajak daerah.

“Untuk pajak daerah tahun 2023 mengalami kenaikan kepatuhan masyarakat yang semakin sadar pentingnya pajak sebagai pembangunan di Kabupaten Batang,” katanya.

Dijelaskannya, Gebyar Sadar Pajak menjadi inovasi BPKPAD Batang dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Inovasi ini pun mampu meningkatkan pemasukan pajak dari tahun ke tahun.  

Dari data yang ada, hingga  September 2023 Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) diperoleh Rp17 miliar dan pajak Resto diperoleh Rp4,9 miliar totalnya sebesar Rp21,9 miliar.

"Kami ucapkan terima kasih je semua masyarakat Kabupaten Batang yang tahun ini sudah patuh membayar pajak. Karena kepatuhan bayar sebelum masuk bulan September sudah memenuhi target," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: