Daftar 7 Makanan yang mengandung Vitamin B Tinggi, Penuhi Kebutuhan Harian agar Tubuh Bekerja Secara Optimal

Daftar 7 Makanan yang mengandung Vitamin B Tinggi, Penuhi Kebutuhan Harian agar Tubuh Bekerja Secara Optimal

Makanan yang mengandung Vitamin B Tinggi-Freepik-Freepik

RADARPEKALONGAN – Makanan yang mengandung vitamin B tinggi sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Biar kamu tidak kekurangan vitamin B yang bisa menimbulkan beragam masalah.

Secara umum vitamin B itu banyak ditemukan di beberapa makanan yang biasa dikenal ada di dappur masakan ibu. Jadi sebenarnya sudah tidak asing lagi keberadaannya.

Maka penting buat kamu untuk selalu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B tinggi.Kalau tidak maka akan berdampak pada kesehatanmu sendiri.

BACA JUGA:Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Hingga Perlancar BAB, Berikut 11 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

BACA JUGA:Ampuh Kontrol Asam Urat Hingga Cerahkan Kulit, Berikut 10 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Simak apa saja makanan yang mengandung vitamin B tinggi untuk menunjang kegiatanmu seharian. Bira tidak lemas dan lesu inilah jenis makanannya.

1 Yogurt

Makana yang kandungan Vitamin B cukup tinggi adalah Yogurt. Setiap 100 gram saja bisa mengandung 0,5 mcg vitamin B 12.

Maka buat kamu yang masih kekurangan kandungan vitamin B bisa memenuhinya dengan mengonsumsi Yogurt. Makanan Yogurt secara umum terbuat dari gandum dan buah.

Vitamin ini seperti yang banyak diketahui bisa mencegah terjadinya gangguan kesehatan. Sehingga cocok sekali untuk memenuhi kebutuhan vitamin B 12.

2 Tempe Kedalai

Makanan yang mengandung vitamin B tinggi salah satunya yang biasa dikenal Tempe. Tempe ini terbuat dari hasil fermentasi ragi yang ada pada kedelai.

Jangan diremehkan bentuknya, setiap 100 gram Tempe saja bisa mengandung protein yang tinggi. Kandungan vitamin B ini ada 0,5 mcg setiap 100 gram tempe.

Makanan Tempe lebih baik dimakan dengan pemasakan rebus. Karena biasanya pemasakan rebus resiko pengurangan gizi akibat penggorengan jadi lebih minimal. Sebenarnya vitamin B itu juga terdapat pada ayam, jamur dan rumput laut.

3 Daging Sapi

Selanjutnya makanan yang mengandung vitamin B tinggi terdapat [ada daging sapi. Kandungan gizi seperti piridoksin, niasin dan tiamin cukup tinggi juga setiap 100 gram daging.

Ada kandungan 39 persen RDI Vitamin B13, 31 persen vitamin B6, dan hanya 29 persen B12 setiap 100 gram daging sapi. Demikian juga kandungan vitamin B yang jumlahnya lebih kecil daripada jenis-jenis tadi yang sudah disebutkan.

4 Susu

Ada kandungan vitamin B2 dan jenis lainnya 26 persen setiap 120 ml susu. Hasil laporan riset Eropa menunjukkan setidaknya kandungan vitamin ini mengandung 22 sampai 52 persen riboflavin atau vitamin B12.

Ada juga vitamin B lainnya dalam 120 ml susu yang dapat menyerap dengan baik dalam tubuh. Kandungan vitamin ini lebih baik dibandingkan dengan produk hewani lainnya.

5 Telur

Vitamin B juga terdapat pada 50 gr telur ayam. Ketika dimasak mengandung 33 persen biotin (vitamin B7). Makanan dari telur ini mengandung setidaknya vitamin B2 15 persen, vitamin B12 9 persen, vitamin B5 7 persen dan vitamin B9 5 persen.

Jadi sangat gampang untuk memenuhi kebutuhan harian Vitamin B pada tubuh. Telur mengandung begitu banyak vitamin B compleks yang baik bagi tubuh.

6 Sayuran

Segala macam sayuran hijau merupakan makanan yang mengandung vitamin B tinggi. Buktinya sayuran hijau mengandung vitamin B9 yang berguna selama kehamilan.

Contohnya saja sayuran bayam yang biasanya dikonsumsi oleh ibu hamil mengandung begitu banyak folat. Kandungan folat (Vitamin B9) yang tinggi ini pada sayuran hijau mencapai 31 persen sendirj setiap 100 gram saja.

Tapi tentu saja dalam memasak juga penting diperhatiukan karena bisa mengurangi kandungan Vitamin B9 di dalamnya. Maka sebaiknya agar merebus atau mengukusnya saja sudah cukup.

7 Ikan Salmon

Selanjutnya yang baik buat memberikan nutrisi bagi kulit dan tubuh adalah ikan Salmon. Makanan yang mengandung vitamin B tinggi ini setiap 100 gram saja sudah ada beragam vitamin B.

Salah satunya adalah vitamin B1 18 persen, vitamin B2 50 persen, vitamin B6, dan B12 sejumlah 51 persen. Dengan kandungan vitamin yang banyak itu tentu saja bisa memenuhi kebutuhan harianmu.

Maka jangan lupakan makanan yang mengandung vitamin B tinggi ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: