Jelang Pilkada, Polres Kerahkan Satgas Nusantara

Jelang Pilkada, Polres Kerahkan Satgas Nusantara

PELATIHAN - Polres Pekalongan Kota menggelar pelatihan peningkatan kemampuan fungsi Humas Bhayangkara (PID) dalam rangka persiapan hadapi Pilkada 2020, kemarin (27/2/2020).

KOTA - Dalam rangka mendinginkan suasana jelang Pilkada 2020 mendatang di Kota Pekalongan, agar selalu aman, tertib, dan kondusif, Polres Pekalongan Kota mengerahkan Satuan Tugas (Satgas) Nusantara.

Satgas Nusantara ini terdiri dari para personel dari seluruh satuan fungsi yang ada, dari tingkat Polres sampai Polsek.

"Satgas Nusantara ini dalam rangka menjamin situasi khususnya di wilayah hukum Polres Pekalongan Kota menjadi dingin. Sebenarnya ini sistemnya seperti sebagai cooling system untuk menjaga supaya mengurangi suhu politik dalam rangka Pilkada di Kota Pekalongan ini menjadi lebih dingin," jelas Kapolres AKBP Egy, usai membuka Pelatihan Peningkatan Kemampuan (Latkatpuan) Fungsi Humas Bhayangkara (PID) jajaran Polsek, Satuan Fungsi, dan SPKT dalam rangka menghadapi persiapan Pilkada Serentak 2020 di aula mapolres setempat, Kamis (27/2/2020).

Kapolres menuturkan, sebagaiman diketahilui dalam suatu Pilkada pastinya ada masa-masa yang rentan. Mengingat, pasti ada kontestan yang melaksanakan kampanye dan melibatkan massa pendukung dengan jumlah banyak.

"Tentunya itu akan berdampak pada situasi kamtibmas di wilayah Pekalongan Kota. Dengan adanya Satgas Nusantara ini kita berupaya mendinginkan situasi," tuturnya.

Kapolres menerangkan nantinya kegiatan Satgas Nusantara ini cukup banyak. Termasuk pula melakukan bakti sosial bersama tokoh masyarakat, tokoh agama, dan sejumlah elemen.

"Ada pula kegiatan lainnya seperti ceramah. Kita bisa undang rekan-rekan dari TNI, KPU, dan Bawaslu untuk mensosialisasikan pilkada damai di wilayah kita. Tujuannya agar pilkada bisa terlaksana dengan baik dan dijadikan sebagai pesta demokrasi untuk rakyat yang aman, tertib, dan kondusif," imbuh Kapolres. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: