Gelar Pilketos Rasa Pemilu, SMAN 2 Batang Ajak Siswanya Tak Golput

Gelar Pilketos Rasa Pemilu, SMAN 2 Batang Ajak Siswanya Tak Golput

PILKETOS - Pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS SMAN 2 Batang menggunakan sistem Pemilu -Radar Pekalongan/Novia Rochmawati -

BATANG, RADARPEKALONGAN - SMAN 2 Batang menggelar pemilihan ketua OSIS (Pilketos), Selasa (5/9/2023). Pilketos kali ini digelar secara teknis mengikuti pelaksanaan pemilihan Umum di Indonesia.

Sehingga diharapkan para pemilih pemula di SMAN 2 Batang, bisa memahami tata cara menyalurkan hak suara mereka dan tidak golput. 

"Tujuan kami menggelar Pilketos dengan konsep seperti adalah, agar anak-anak yang banyak juga menjadi pemilih pemula, mengerti bagaimana atat caranya mencoblos dan menyuarakan suara mereka dalam Pemilu. Sehingga mereka tidak salah memilih dan juga bukan termasuk bagian dari masyarakat yang golput," ujar Kepala SMAN 2 Batang, Sugeng melalui perwailan guru, Kandriyah saat diwawancarai di sela Pilketos. 

Sama seperti pelaksanaan pemilu, sebelum pemilihan juga telah dilakukan orasi oleh masing-masing kandidat.

Total ada tiga Kandidat Ketua dan tiga kandidat wakil ketua. Dengan total ada sekitar 888 siswa yang menjadi pemilih, dan juga turut diikuti bapak ibu guru. 

"Sebelum dipilih mereka juga diberikan waktu untuk orasi. Untuk menyampaikan visi-misi mereka saat terpilih menjadi ketua atau wakil ketua OSIS nanti," imbuhnya. 

Kandriyah menyebut, Kegiatan ini juga menjadi pengenalan demokrasi dan bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). 

Antusias Siswa SMAN 2 Batang pun cukup tinggi, hal ini jug turut dirasakan oleh Muhammad Sabran Aqda, Muhammad Ghusan Adisa dan Muhammad Hafid Ramadani.

Mereka yang juga masuk pemilih pemula ini senang bisa merasakan pengalaman Pemilu. 

"Ini baru pertama kalinya nyoblos. Tahun depan insyaallah bisa menyuarakan hak pilih. Semoga nanti bisa turut mendukung demokrasi Indonesia lewat pemilu yang sebenernya. Sementara ini belajar dulu lewat Pilketos di sekolah," pungkas Sabran. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: