Penyuluh KB di Kota Pekalongan Terima Bantuan Motor Dinas

Penyuluh KB di Kota Pekalongan Terima Bantuan Motor Dinas

KENDARAAN - Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid menyerahkan bantuan 18 unit kendaraan dinas roda dua antar jemput akseptor di Halaman Kantor Dinsos P2KB setempat, Selasa (12/9/2023).-Abdurrahman-

KOTA - Untuk menunjang tugas para penyuluh Keluarga Berencana (KB) di Kota Pekalongan, Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid menyerahkan bantuan 18 unit kendaraan dinas roda dua antar jemput akseptor di Halaman Kantor Dinsos P2KB setempat, Selasa (12/9/2023).

Kendaraan baru roda dua berwarna biru yang didanai dari Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2023 ini diserahkan langsung oleh Walikota Pekalongan dengan didampingi Kepala Dinsos-P2KB Kota Pekalongan, Yos Rosyidi dan jajarannya.

Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid menjelaskan, pengadaan kendaraan dinas baru ini bisa dilakukan untuk menunjang tugas sehari-hari para petugas lapangan atau penyuluh akseptor KB. Menurutnya, bantuan kendaraan dinas ini diharapkan bisa menjadi penyemangat mereka dalam menjalankan tugasnya yang semakin hari semakin berat khususnya dalam penyuluhan KB dan penurunan angka stunting di Kota Pekalongan.

"Penyerahan bantuan sejumlah motor ini bisa dilaksanakan dengan lancar. Alhamdulillah ada 18 unit motor untuk para penyuluh KB. Bantuan ini bisa menjadi penyemangat mereka, karena unitnya baru, spek motornya juga baru dan sangat luar biasa bagus karena sudah kita coba juga barusan," ungkapnya.

Aaf berharap, para penerima bantuan ini bisa menggunakan bantuan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya dan amanah sesuai tupoksinya khususnya dalam menunjang kinerja mereka terkait penyuluhan KB dan pengentasan angka stunting yang masih menjadi salah satu fokus perhatian pemerintah saat ini.

"Target kami untuk menurunkan angka stunting menjadi 14 persen di Tahun 2024 mudah-mudahan bisa tercapai. Pasalnya, saat ini penurunannya belum signifikan. Kami masih membahas problem dan solusi yang tepat untuk penurunan stunting," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinsos-P2KB Kota Pekalongan, Yos Rosyidi menerangkan, pengadaan bantuan kendaraan dinas yang diserahkan sebanyak 18 unit motor terdiri dari 8 unit merk Yamaha NMAX, 2 unit Yamaha Jupiter ZI, dan 8 unit Yamaha Lexi. Adapun bantuan ini didanai dari DAK fisik sub bidang KB Tahun 2023 sebesar Rp565.200.000.

"Yang melatarbelakangi pengadaan kendaraan dinas ini karena kendaraan motor yang sebelumnya digunakan oleh para petugas KB sudah lama. Bantuan ini juga untuk meningkatkan kinerja para penyuluh KB terutama dalam menyukseskan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana  (Bangga Kencana), termasuk didalamnya pengentasan stunting. Dimana, mereka harus memiliki mobilitas yang cepat dan siaga sehingga kami berikan bantuan kendaraan roda dua antar jemput akseptor yang bisa dimanfaatkan untuk membantu masyarakat dalam memberikan pelayanan KB di Kota Pekalongan," tandasnya.(dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: