TPS Terpadu Kapasitas 10 Ton Akan Dibangun di Kertoharjo

TPS Terpadu Kapasitas 10 Ton Akan Dibangun di Kertoharjo

PAPARAN - Tim Adaptation Fund Kemitraan Indonesia memberikan pemaparan dalam kegiatan Diseminas Hasil Assesment Pengelolaan Sampah dan Ekonomi Silkular.-Ainul Atho-

KOTA - Adaptation Fund Kemitraan Indonesia, akan membangun Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) di Kelurahan Kertoharjo. Sebelum memastikan pembangunan dilakukan, pihak Kemitraan akan  berkonsultasi dengan konsultan. Termasuk penentuan besaran anggaran yang harus mengakomodir pengelolaan, sarana penunjang, proses awal, dan tahapan lain.

Team Leader Program Adaptation Fund Kemitraan Indonesia, Andy Kiki mengungkapkan bahwa pihaknya melihat kondisi sampah di TPA yang sudah tidak memadai. "Program kami kaitannya dengan penanganan sampah harus menjadi prioritas, setidaknya pembuangan sampah ke TPA bisa terkurangi. Kami juga mendorong agar TPS3R punya banyak lebih manfaat terutama di dalam ekonomi sirkular," terang Andy. 

Andy mengaku pihaknya akan mensupport pembangunan TPST di Kertoharjo. Selain menyelesaikan masalah sampah di 8 kelurahan juga secara umum mengurangi sampah di kelurahan lainnya. "Studi kajian kami untuk sampah yang masuk ke TPST nanti kapasitasnya bisa 10 ton sehingga tidak hanya cukup untuk 8 kelurahan saja masih bisa untuk kelurahan lainnya," beber Andy.

Sementara Kepala DLH Kota Pekalongan, Joko Purnomo berharap hasil asessment ini menjadi dasar untuk menentukan DED rencana pembangunan TPST di Kertoharjo. Joko mengaku hadir dari awal hingga akhir, ia ingin mengawal betul program ini.

"Harapannya yang kita rencanakan maksimal sampai selesai, ini juga sudah didiskusikan, disampaikan ada beberapa revisi dan penambahan peralatan inovatif sampah yang dikelola di TPST. Semoga bisa maksimal sehingga tak ada sampah dibuang di TPA Degayu," kata Joko. 

Dijelaskan Joko bahwa TPST ini bukan bagian dari TPS3R. Tapi sampahnya dari yang diambil oleh truk DLH yang biasanya dibuang ke TPA. TPST ini tidak akan mengganggu TPS3R.

"Sampah yang kita kelola ini dengan lahan luas sekitar 2 ribu meter persegi. Untuk lokasinya sebelah Selatan dan Timur Bank Sampah. TPST ini tentunya akan lebih komplit dalam mengelola sampah, nantinya akan direkrut pemulung yang ahli memilah sampah, pengolahan sampahnya nanti bermacan-macam ada yang peleburan sampah plastik, pembuatan paving dari sampah, dan sebagainya," tandasnya.(nul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: