Cek Asupan Vitamin D Harian yang Harus Kamu Penuhi, Berapa Sih Memangnya?

Cek Asupan Vitamin D Harian yang Harus Kamu Penuhi, Berapa Sih Memangnya?

Asupan Vitamin D --Freepik.com

RADARPEKALONGANDISWAY.ID – Asupan vitamin D harian perlu kamu penuhi demi kesehatan tubuh. Karena nutrisi ini termasuk yang penting untuk menunjang kesehatan tubuh agar tetap sehat.

Vitamin D ini sifatnya mudah larut dalam lemak. Lemak tersebut meliputi D1, D2, dan D3. Untuk mendapatkan vitamin D sangatlah mudah dengan rutin berjemur di pagi hari.

Sebab kulit yang mendapatkan sinar matahari ini mampu merangsang kolesterol dalam kulit sehingga tercipta vitamin D. Selanjutnya vutamin D ini mampu untuk menguatkan sistem tulang dan manfaat kesehatan lainnya.

Artinya vitamin D ini merupakan asupan yang krusial bagi tubuh. Khususnya bagi pertumbuhan tulang dan gigi anak.

Manfaat Asupan Vitamin D untuk Kesehatan

Asupan vitamin D yang cukup dapat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan nutrisi yang bisa didapat dari sinar matahari dan makanan ini bisa melawan berbagai penyakit.

Penyakit yang bisa diatasi oleh vitamin D adalah multiple sceloris, Gangguan saraf otak, mata dan sumsum tulang belakang.

Manfaat nutrisi ini ternyata sangat besar untuk melawan beragam penyakit tentang tulang belakang. Begitu pun dengan masalah penyakit tentang saraf otak.

Ketika kadar vitamin D berkurang di dalam tubuh, maka akan menigkatkan resiko penyakit saraf. Maka untuk menghindarinya cukupi asupan vitamin D.

Selain itu vitamin D yang baik juga untuk kesehatan jantung. Asupan vitamin D yang rendah erat kaitannya dengan penyakit serangan jantung dan stroke.

Selanjutnya kadar vitamin D pada tubuh dapat menurunkan potensi flu yang parah. Terbukti ketika pandemi Covid 19, berjemur di pagi hari bisa mencegah resiko penularan virus mematikan itu.

Asupan Vitamin D Harian

Untuk bisa mendapatkan manfaat asupan vitamin D lebih optimal cukup penuhi kebutuhan setiap hari. Agar dapat mencegah berbagai penyakit seperti penyakit autoimun, radang usus, rheumatoid, arthritis dan diabetes tipe 1.

Tak hanya itu, agar dapat membantu menurunkan berat badan. Tentu saja cukup penuhi kebutuhan asupan vitamin D ini setiap hari.

Kandungan vitamin D ini juga dapat menekan rasa kecemasan pada tubuh. Agar tidak jadi lebih parah, sebaiknya penuhi asupan nutrisi ini setiap hari.

Berkaitan pencegahan berbagai penyakit tersebut, penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini. Dalam sehari, kamu butuh asupan vitamin C ini sebanyak 400 sampai 5.000 IU.

Jangan sembarangan untuk memakai dossis yang lebih tinggi kecuali rekomendasi dokter. Ada beberapa cara untuk dapat memenuhi asupan Vitamin D ini, antara lain sebagaiu berikut.

1. Minum Suplemen

Salah satu untuk mendapatkan asupan vitamin ini dengan minum suplemen khusus. Tentu saja suplemen tersebut adalah vitamin D yang bagus untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa sesuaikan kebutuhan kesehatan dan usia.

2. Berjemur di Pagi Hari

cara yang paling gampang dan tidak ribet adalah berjemur di pagi hari. Berjemur di pagi hari akn merangsang kulit menciptakan vitamin D.

Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan tubuh maka perlu luangkan waktu untuk berjemur. Bisa dilakukan sembari jogging di pagi hari.

Biarkan salah satu organ yang paling luas ini mendapatkan sinar matahari. Karena sinar matahari ini bagus untuk mencegah segala macam penyakit yang ada.

Tapi hindari berjemur diri pada siang hari. Hal ini karena pada siang hari sengatan matahari akan terasa kuat dan malah merusak kulit.

Itulah asupan vitamin D yang harus dipenuhi setiap harinya. Cukup 4000 IU per hari. Meski bagus untuk tubuh, jangan juga mengonsumsinya secara berlebihan ya. Karena alih-alih sehat, kalian justru bisa merasakan efek samping yang buruk juga. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc