10 Tips Menjaga Keamanan Data Pribadi di Era Digital, Jangan Sampai Data Pribadimu di Curi Orang

10 Tips Menjaga Keamanan Data Pribadi di Era Digital, Jangan Sampai Data Pribadimu di Curi Orang

Tips menjaga keamanan data pribadi -(Foto: freepik)-

RADARPEKALONGAN - Semakin maraknya pencurian data, maka kita perlu menerapkan beberapa tips menjaga keamanan data pribadi di era digital seperti sekarang ini.

Di zaman skarang ini banyk sekali pembobolan data pribadi. Hal ini membuat kita sangat perlu bagi kita untuk menjaga keamanan data pribadi di era digital. 

Dengan semakin banyaknya informasi pribadi yang disimpan dan dipertukarkan secara digital, perlindungan data pribadi menjadi prioritas. Berikut adalah beberapa tips menjaga keamanan data pribadi di era digital.

Tips Menjaga Keamanan Data Pribadi di Era Digital

1. Menggunakan Kata Sandi yang Kuat

Tips menjaga keamanan data pribadi di era digital yang pertama yakni dengan menggunakan kata sandi yang kuat. Kata sandi merupakan hal paling mudah yang bisa kita lakukan untuk menjaga data pribadi kita, sandi yang disarankan dengan menggunakan kata sandi yang unik, panjang, dan kompleks untuk setiap akun online kamu. 

Kombinasikan huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol untuk meningkatkan keamanan kata sandi kamu. Jangan menggunakan kata sandi yang mudah ditebak atau informasi pribadi yang mudah ditemukan.

Baca juga: Realme C51 Cocok untuk Kamu yang Doyan Selfi, Hadir dengan Harga Murah tapi Punya Fitur Melimpah

2. Perbarui Perangkat Lunak dan Aplikasi

Pastikan perangkat lunak dan aplikasi di perangkat mu seelalu diperbarui terus ya ke versi terbaru. Biasanya Pembaruan perangkat lunak sering kali memperbaiki kerentanan keamanan yang ditemukan dalam versi sebelumnya. Jadi pembaruan membuat kemanan lebih baik. 

3. Hiraukan Phishing

Tips selanjutnya yakni dengan hiraukan phishing. Kamu perlu berhati-hati terhadap upaya phishing yang mencoba mencuri informasi pribadi kamu dengan menyamar sebagai entitas terpercaya. 

Jangan pernah memberikan informasi pribadi atau login ke situs web yang mencurigakan atau melalui email yang tidak kamu kenal atau sesuatu yang mencurigakan belum pernah kamu temui. Lebih baik hiraukan atau blokir ya.

4. Gunakan Koneksi Internet yang Aman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: