Realme C51 NFC, Layar 6,7 inci dengan Refresh Rate 90 Hz, Chipset Menggunakan UNISOC Tiger T612

Realme C51 NFC, Layar 6,7 inci dengan Refresh Rate 90 Hz, Chipset Menggunakan UNISOC Tiger T612

--

Realme meluncurkan produk barunya pada bulan Agustus 2023 yakni Realme C51 di Indonesia. Dengan harga yang relatif terjangkau yakni hanya Rp 1 Jutaan sudah mendapatkan fitur yang lumayan lengkap termasuk NFC. 

Layar 6,7 inci dengan Panel IPS LCD, Refresh Rate 90 Hz

Kita akan melihat layar yang cukup lebar dari realme C51. Ukuran layar dari HP ini yaitu 6,7 inci menggunakan panel IPS LCD. Ukurannya ini sudah cukup menarik untuk aktivitas hiburan seperti menonton film atau serial Netflix favorit Anda atau scrolling media sosial.

Demi meningkatkan kenyamanan saat penggunaannya, realme juga menyematkan refresh rate mencapai 90 Hz. Sedangkan untuk touch sampling rate-nya mencapai 180 Hz. Angka tersebut sudah cukup baik di kelasnya. Pergerakan animasi yang ditampilkan mampu bergerak lebih mulus dan nyaman untuk dilihat.

Resolusi yang ditawarkan oleh realme C51 ini masih mentok di HD Plus saja atau 720 x 1600 piksel. Kerapatan pikselnya juga masih berada di angka 262 ppi yang sebenarnya bukan menjadi yang terbaik di kelasnya.

Salah satu hal yang mesti diperhatikan lagi adalah kemampuan multi touch yang dimilikinya. Pasalnya, realme C51 ini hanya mendukung sampai dua poin sentuhan saja. Kemampuannya ini mirip dengan realme C53 NFC yang hanya mendukung sampai dua sentuhan saja.

Chipset UNISOC Tiger T612

Kelebihan lain yang tidak kalah menarik untuk dibicarakan ada pada sektor dapur pacunya. Meski bukan chipset terbaik di kelasnya, realme C51 sudah lumayan menarik dengan menggunakan chipset dari UNISOC yaitu Tiger T612.

Chipset Tiger T612 memang bukan diperuntukkan untuk penggunaan berat seperti bermain game. Fungsinya akan lebih optimal jika digunakan untuk penggunaan biasa sehari-hari. Apalagi chipset ini sudah menggunakan proses fabrikasi 12 nm yang tidak terlalu memakan banyak daya saat digunakan.

Sedangkan untuk performa yang dihasilkannya berasal dari prosesor octa-core. Prosesor ini terdiri dari dua core Cortex A75 dengan frekuensi 1,8 GHz untuk performanya. Kemudian dilengkapi oleh enam core Cortex A55 dengan 1,8 GHz untuk efisiensi dayanya. Selain itu, chipset ini didukung oleh GPU Mali G57 MP1 dengan frekuensi 614 MHz.

Chipset ini mampu meraih skor 193.655 poin untuk AnTuTu v9. Sedangkan untuk GeekBench 5, skor single-core dan multi-core yang diraihnya adalah 346 dan 1.327 poin.

Jika dilihat dari arsitektur dan hasil pengujiannya, chipset ini memang lebih mengandalkan tingkat efisiensi dibanding performa. Penggunaan akan lebih optimal dan efisien jika hanya digunakan untuk aktivitas ringan. Misalnya untuk menonton film, chatting, atau beraktivitas di media sosial favorit Anda.

Sebenarnya, untuk penggunaan lain seperti bermain game juga masih bisa. Hanya saja pemilihan jenis game-nya harus diperhatikan dengan hanya memainkan game ringan saja. Anda juga bisa memainkan game populer seperti Free Fire atau Mobile Legends, tapi dengan pengaturan grafis yang sudah disesuaikan.

Harga dan Spesifikasi Realme C51 NFC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: