Tertarik Memelihara Burung? 6 Jenis Burung yang Mudah Dipelihara Sebagai Hewan Peliharaan Bagi Pemula

Tertarik Memelihara Burung? 6 Jenis Burung yang Mudah Dipelihara Sebagai Hewan Peliharaan Bagi Pemula

jenis burung yang mudah dipelihara-fitroh birdfarm-@instagram

RADARPKALONGANDISWAY.ID - Ada beberapa jenis burung yang mudah dipelihara dan dijadikan hewan peliharaanmu. Nah buat kamu yang tertarik ingin memeliharan burung, yuk simak artikel jenis burung yang mudah dipelihara versi Radar Pekalongan yang satu ini.

Hewan peliharaan, termasuk burung, telah menjadi bagian penting yang ada di dalam kehidupan banyak orang. Sebenarnya burung merupakan pilihan hewan peliharaan yang cukup banyak dipilih untuk dijadikan hewan peliharaan karena kecantikan, kecerdasan, dan kepribadian unik yang merka miliki.

Namun, tidak semua jenis burung cocok untuk dipelihara oleh semua orang, terutama buat kamu yang termasuk pemula dan baru memulai untuk menjadi pemilik burung. Dalam artikel ini, Radar Pekalongan akan membahas beberapa jenis burung yang relatif mudah dipelihara.

Jenis Burung yang Mudah Dipelihara Pemula

1. Burung Lovebird

Jenis burung yang mudah dipelihara pertama yaitu jenis lovebird. Lovebirds merupakan jenis burung kecil yang memiliki kepribadian ceria dan mudah bersosialisasi. Mereka juga dikenal karena memiliki ikatan yang kuat dengan pemiliknya dan tidak memerlukan banyak perawatan khusus.

BACA JUGA:Bisa Berakibat Fatal, Inilah 7 Kesalahan Ketika Merawat Kucing, Pemula Harus Paham!

BACA JUGA:Sudah Terbukti, Inilah Vitamin untuk Kucing yang Bagus, Langsung Saja Cobain!

Selain itu, lovebird cenderung mudah dilatih untuk berinteraksi dengan manusia dan dapat menjadi teman yang menyenangkan, lho. Warnanya yang bragam dan cantik juga memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta burung, apalagi bagi kamu yang ingin mulai mencoba memelihara burung sebagai hewan peiharaan di rumah.

2. Burung Kenari

Burung Kenari merupakan burung yang terkenal memiliki kicauan indah dengan suara yang merdu. Burung yang satu ini juga termasuk ke dalam jenis burung yang mudah dipelihara karena ukurannya yang kecil dan tidak terlalu memerlukan perawatan yang rumit. Kamu juga bisa menikmati penampilan dan kicauan burung kenari ini dengan mudah tanpa perlu dilatih.

Warna bulunya juga jadi daya tarik karena nggak kalah cantik dari burung lovebird. Mulai dari warna putih, kecoklatan atau tembaga, hijau, pink hingga merah agak oranye. Sifatnya yang ramah juga membuat banyak orang jatuh cinta dan ingin memeliharanya. Jenis burung yang satu ini juga brumur panjang, bahkan bisa hidup hingga 10 tahun lho.

3. Burung Finch/Kenari

Rekomendasi jenis burung yang mudah dipelihara selanjutnya yaitu burung finch. Finch adalah burung kecil yang sangat aktif dan mudah dipelihara. Mereka merupakan hewan yang cukup mandiri dan dapat hidup dalam kelompok kecil.

Burung finch umumnya cukup tahan terhadap penyakit dan tidak memerlukan perhatian khusus dn sulit, itu sebabnya burung ini sangat mudah dipeihara apalagi untuk kamu yang pemula. Burung finch ini memiliki beragam jenis dan warna yang cantik-cantik.

BACA JUGA:6 Cara Mencegah Kucing Tertular Penyakit Rabies, Supaya Tidak Menulari Manusia

BACA JUGA:Ingin Kucingmu Sehat, Inilah 6 Nutrisi yang Harus Ada Dalam Makanan Kucing, Dijamin Kucing Kebal Penyakit!

4. Burung Budgerigar (Budgie)

Budgerigar atau budgie merupakan salah satu jenis burung kecil paling populer di dunia. Mereka memiliki kepribadian yang ceria dan suara yang ramah. Maka tak heran jika burung jnis ini sangat banyak digemari untuk dijadikan burung peliharaan.

Burung budgie ini juga mudah beradaptasi dengan lingkungan manusia dan dapat menjadi teman. Selain itu jenis burung ini juga sangat pintar dan bisa dilatih untuk melakukan trik sederhana.

5. Burung Kakatua Kecil (Cockatiel)

Burung kakatua kecil adalah burung yang penuh dengan kepribadian yang menyenangkan. Burung ini dikenal karena tampilannya yang cantik.

Jenis burung yang mudah dipelihara satu ini relatif ramah dan bisa menjalin ikatan kuat dengan pemiliknya. Burung kakaktua ini juga bisa diajari berbicara dan melakukan berbagai trik, lho.

6. Burung Zebra (Zebra Finch)

Burung Zebra merupakan salah satu jenis finch yang paling populer dan mudah dipelihara. Jenis burung yang mudah dipelihara satu ini juga biasa dikenal sebagi burung pipit. Bentuk tubuhnya yang kecil, hidup dalam kelompok, dan dapat bersosialisasi dengan baik.

Burung zebra Finch juga dikenal sebagai burung yang rajin berkicau dan bisa memberikan hiburan dengan kicauannya yang aktif. Cara perawatannya juga termasuk simple dan tidak ribet pastinya.

Selain itu, untuk makanannya sendiri cukup diberi milet (pakan khusus burung) yang sangat mudah ditemukan di penjual pakan burung atau hewan.

Itulah beberapa rekomendasi jenis burung yang mudah di pelihara versi Radar Pekaongan Disway. Nah, ketika kamu memilih burung sebagai hewan peliharaan, jangan lupa untuk melakukan riset mengenai burung yang ingin dipelihara secara matang. Mulai dari cara merawat, kebutuhan makanan, tempat merawat, hingga memahami betul kebutuhan khusus yang harus kamu perhatikan.

Pastikan juga untuk selalu memberikan perhatian, makanan, dan lingkungan yang sesuai agar burung yang kamu pelihara tetap sehat dan bahagia.

Dengan pemeliharaan yang tepat, berbagai jenis burung ini dapat menjadi teman yang setia dan menyenangkan penghilang stres lho. Jadi kamu sudah memutuskan untuk mmelihara burung jenis apa nih? (PEH)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: