Bikin Nyaman! Begini Cara Me Time Di Rumah yang Wajib Dicoba

Bikin Nyaman! Begini Cara Me Time Di Rumah yang Wajib Dicoba

Me time di rumah yang bisa bikin candu-freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Me time memang perlu dilakukan oleh setiap orang, sebab bisa memberikan kesegaran hati dan pikiran. Dengan Me time, akan memberikan ruang yang bebas untuk mengeskpresikan diri sendiri tanpa melibatkan orang lain.

Dengan demikian dalam segala kondisi,  diri sendirilah yang akan lebih mengerti bagaimana perasaan, dan pikirannya. Sebab, dengan me time berarti bisa mengenal dan memahami diri sendiri.

Tak mudah menemukan titik dimana diri sendiri memahami dirinya, karena terkadang tidak bisa dipahami dengan sederhana. Me time inilah moment yang bisa digunakan untuk memahami dan mencintai diri sendiri.

Sejatinya, me time bisa dilakukan di berbagai tempat, salah satunya di rumah. Biasanya tipe introvert akan menerapkan hal ini, sebab tidak menyukai keramain di luar.

Me Time Di Rumah Bisa Bikin Hati Senang

Me time di rumah bisa dilakukan dengan berbagai aktivitas, diantaranya yang pertama dengan menulis. Menulis ini tidak ada batasanya, misalnya menulis kegiatan sehari-hari, bisa meluapkan apa yang sedang dirasakan dan  mencurahkan keluh kesah, membuat rencana dan strategi untuk hari esok, menulis artikel atau lainya.

Dengan menulis seseorang akan lebih lega dan mengurangi beban yang sedang dipikulnya. Tak heran, dengan cara ini bisa memulihkan pikiran dan perasaan, sehingga esok hari bisa memiliki energi yang penuh.

Kedua, dengan evaluasi Diri. Evaluasi diri menjadi salah satu me time yang sangat penting. Ketika melakukan kegiatan sehari-hari pasti ada kalanya mengalami suatu hal yang tak terkira atau kegagalan. 

Untuk itu evaluasi diri penting untuk memperbaiki kondisi saat ini sehingga keesokan harinya bisa lebih baik. Dengan evaluasi diri bisa selangkah lebih dekat dengan tujuan hidup.

Ketiga bisa dengan beribadah sesuai dengan keyakinan masing-masing. Jika seorang muslim maka ibadah yang bisa dilakukan dengan sholat.

Sholat bisa memberikan ruang yang nyaman untuk dekat dengan sang Pencipta. Selain itu dengan sholat hari akan damai dan tenang, sehingga bisa lebih besyukur atas segala hal yang terjadi.

Selain dengan sholat, ibadah lain yang bisa dilakukan yaitu dengan berzikir atau membaca Al-Qu'ran. Selain itu juga bisa mendengarkan berbagai kajian islami dengan topik yang sesuai dengan pilihan hati.

Keempat, me time di rumah bisa dilakukan dengan membaca buku, membaca novel, atau membaca lainya. Dengan membaca akan memberikan kejernihan pikiran dan jiwa. Selain itu, wawasan yang didapatkan akan lebih banyak.

Bacalah buku yang sekiranya di senangi, dan jangan memaksa membaca buku yang topik yang berat (jika bukan hal yang disenangi), sebab pikiran akan sulit mencerna ketika seharian sudah lelah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: