Mengenal Batik Sekar Jagad yang Kaya Makna, Ada Sejak Era Majapahit KIni Banyak Dipakai Desainer Kontemporer

Mengenal Batik Sekar Jagad yang Kaya Makna, Ada Sejak Era Majapahit KIni Banyak Dipakai Desainer Kontemporer

Batik sekar jagad warisan budaya Indonesia-Instagram-sekarjagadpwt

RADARPEKALONGANDISWAY.IDBatik diketahui menjadi salah satu warisan budaya nusantara yang telah berumur ratusan tahun. Nah, salah satu yang perlu kamu kenal adalah Batik Sekar Jagad yang kaya makna, warisan yang telah ada sejak era Majapahit dan berkembang hingga Era Mataram Islam, dan kini banyak juga diadopsi para desainer kontemporer.

Ihwal reputasi batik sebagai warisan budaya adiluhung Indonesia memang bukan sekadar klaim semata. Karena masyarakat dunia juga telah mengenalnya, beberapa tokoh dunia juga pernah mengenakannya di acara-acara internasional.

Bahkan, UNESCO juga telah menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia kan. Nah, Batik Sekar Jagad yang kaya makna ini sebetulnya mempertegas soal batik sebagai warisan budaya nusantara yang telah berusia tua tadi.

Batik Sekar Jagad adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang penuh pesona berasal dari Solo dan Jogjakarta

Sebagai salah satu bentuk seni tekstil yang paling terkenal di Indonesia, Batik Sekar Jagad menggabungkan motif keindahan desain dengan makna yang mendalam. 

Batik Sekar Jagad yang Kaya Makna

1. Sejarah Singkat Batik Sekar Jagad

Ada yang sudah tahu, sejarah batik sekar jagar? Jika belum, kamu wajib mengetahuinya, sebab batik merupakan warisan budaya Indonesia.

Batik adalah seni lukis kain dengan ciri khas pola geometris yang dihasilkan melalui teknik lilin dan pewarna alami. 

Sejarah Batik Sekar Jagad di Indonesia dapat ditelusuri hingga berabad-abad yang lalu. Namun, istilah Sekar Jagad sendiri memiliki arti yang istimewa. 

Sekar berarti bunga, sementara, Jagad berarti dunia atau alam semesta. Oleh karena itu, Batik Sekar Jagad mencerminkan motif yang menggambarkan keindahan alam dan alam semesta yang luas. 

Lantas, kapan batik sekar jagad dikenal oleh banyak orang? Batik sekar jagad mempunyai sejarah panjang dan mulai dikenal sejak abad 17-18 an.

Kalau kalian tahu, pada tahun 1700 an sampai awal tahun 1800 an, batik sekar jagad telah hadir menjelma sebagai salah satu motif batik klasik yang dibuat oleh bangsa Indonesia terdahulu.

Dulu, pada saat kejayaan Majapahit, batik sekar jagad menjadi karya adiluhung pribumi yang membuka diri terkait adanya akulturasi asing pada saat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: