Menakjubkan! Mengulik Keindahan serta Sejarah Candi Arjuna Dieng Wonosobo

Menakjubkan! Mengulik Keindahan serta Sejarah Candi Arjuna Dieng Wonosobo

Keindahan yang ada di Candi Arjuna Dieng--Google Maps

RADARPEKALONGAN - Candi Arjuna Dieng merupakan salah satu kompleks Candi Hindu yang terletak di kawasan wisata Dieng, Kabbupaten Wonosobo. Candi tersebut memiliki sejarah dan keindahan yang menakjubkan.

Hal tersebut membuat tempat wisata tersebut menjadi kawasan wisata budaya yang menarik wisatawan baik lokal maupun internasional.

BACA JUGA:Destinasi Wisata Candi Arjuna Dieng yang Memadukan Wisata Sejarah dengan Keindahan Panorama Alam Dieng

Berikut ini kami paparkan lebih lengkap mengenai Candi Arjuna Dieng, mulai dari sejarah hingga daya tarik yang cocok untuk berwisata bersama keluarga atau kerabat di kala weekend maupun libur nasional.

Sejarah Singkat Candi Arjuna Dieng

Candi yang berlokasi di kawasan dataran tinggi Dieng ini memiliki sejarah yang panjang dan kaya akan budaya di dalamnya, terutama berkaitan erat dengan kepercayaan agama Hindu.

Candi Arjuna dapat diperkirakan dibangun pada abad ke-8 hingga abad ke-9 Masehi. Candi-candi yang berada di area Candi Arjuna dianggap oleh masyarakat setempat sebagai penginggalan dari budaya agama Hindu yang begitu kuat kala itu. 

BACA JUGA:Seru! Kebun Teh Pagilaran, Wisata di Batang Serasa Berwisata di Belanda

Pada area kompleks candi tersebut juga terdapat beberapa candi yang dianggap mewakili atau menggambarkan tokoh-tokoh yang ada dalam kisah Mahabarata, seperti Arjuna, Sembrani, Srikandi, Puntadewa, dan lain sebagainya.

Keunikan Bentuk Arsitektur Bangunan Candi

Candi yang ada di kompleks Candi Arjuna dibuat dari batu andesit yang diukir dengan detail-detail yang menakjubkan.

Batu tersebut diukir dengan halus yang strukturnya kompleks dengan menggambarkan keindahan ala seni rupa Hindu yang klasik.

Selain itu, candi tersebut memiliki ciri khas bentuk arsitektur seperti candi Hindu lainnya,  contohnya seperti bentuk atap yang membentuk gunungan (meru).

Daya Tarik Candi Arjuna Dieng

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: