Catat Ini! 4 Tanaman Herbal yang Bisa Membantu Menurunkan Demam Berdarah Selain Jambu Biji

Catat Ini! 4 Tanaman Herbal yang Bisa Membantu Menurunkan Demam Berdarah Selain Jambu Biji

Tanaman Herbal yang Bisa Membantu Menurunkan Demam Berdarah -ilustrasi kunyit bubuk-freepik.com

RADARPEKALONGAN - Di sekitar kalian tentunya ada beberapa tanaman yang bisa membantu menurunkan demam berdarah. Mengenal tanaman herbal tersebut tentu sangat penting dilakukan.

Sebab demam berdarah bisa menyerang kapan saja dan kepada siapa saja. Pentingnya mengenal beberapa tanaman herbal yang bisa membantu menuntunkan demam berdarah, dapat digunakan untuk penanganan awal.

Pemberian obat dari tanaman herbal untuk penanganan awal, diharapkan juga bisa memberikan efek yang baik untuk penderita.

BACA JUGA:8 Efek Makan Mie Instan Setiap Hari Bagi Kesehatan

BACA JUGA:Rekomendasi Buah Kaya Vitamin C untuk Kesehatan Optimal Tubuhmu

Adapun tanaman yang bisa membantu menurunkan demam berdarah yakni sebagai berikut

1. Daun Pepaya

Tanaman yang bisa membantu menurunkan demam berdarah yang pertama adalah daun pepaya. Siapa yang tidak kenal dengan pepaya.

Daun yang memiliki rasa pahit ini ternyata memiliki berbagai manfaat untuk tubuh loh, salah satunya adalah membantu menurunkan demam berdarah.

Manfaat dalam membantu menurunkan demam berdarah ini dikarenakan daun pepaya ini mengandung ekstrak yang mana dapat membantu meningkatkan kadar trombosit dalam darah.

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Insulin untuk Diabetes, Mengatasi Gula Darah dengan Cara Alami

BACA JUGA:Menurunkan Risiko Penyakit Jantung, 7 Manfaat Minum Teh Daun Ungu, Minuman Ajaib untuk Kesehatanmu

Sehingga dapat mempercepat penyembuhan demam berdarah. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah.

Kalian hanya perlu mencuci 50 gram daun pepaya dengan air bersih mengalir. Kemudian tubuh daun hingga halus dan seduh gerusan daun pepaya tersebut ke dalam satu cangkir air, lalu saring. Minum air rebusan daun pepaya 3 kali sehari sampai sembuh.

2. Daun basil

Tanaman yang bisa membantu menurunkan demam berdarah yang berikutnya adalah daun basil. Daun basil ini memiliki kandungan antibacterial serta bisa memperlancar sirkulasi.

Dengan kedua kandungan tersebut tak heran jika daun basil ini terbukti ampuh dalam menurunkan demam berdarah.

BACA JUGA:7 Manfaat Daun Ungu untuk Wasir, Solusi Alami untuk Meredakan Gejala Ambeien

BACA JUGA:7 Manfaat Rebusan Daun Sirih untuk Kesehatan: Cara Menggunakan dan Langkah-langkahnya

Cara pengaplikasiannya sendiri yakni cukup rebus 10 hingga 15 daun basil ke dalam air. Kemudian dinginkan dan minum rebusan daun basil tersebut 2 sampai 3 kali sehari hingga kalian benar-benar sembuh.

3. Patikan Kebo

Siapa bilang tanaman liar tidak ada gunanya? Tidak semua tanaman liar tidak berguna karena semua yang diciptakan pasti memiliki kegunaan masing-masing.

Ada beberapa tanaman liar yang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya Patikan Kebo atau yang dikenal dengan nama gulma.

Pastikan kebo ini merupakan tanaman liar tumbuh di pekarangan yang diyakini dapat menunrunkan demam berdarah.

BACA JUGA:Inilah 7 Jenis Vitamin untuk Badan Lemas dan Lesu Paling Ampuh

BACA JUGA:Berikut 10 Pilihan Suplemen Vitamin D untuk Sendi dan Otot agar Tak Linu

Hal ini telah dibuktikan oleh Journal of Tropical Medice yang mana menghasilkan bahwa tanaman liar ini memang dapat mengurangi pembentukan plak virus DBD stereotip 1 dan 2.

4. Kunyit dan Lada Hitam

Sudah bukan hal asing lagi bila kunyi dan lada hitam ini merupakan bahan pelengkap makanan yang memiliki berbagai manfaat, salah satunya adalah membantu menurunkan demam berdarah.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Endodontics mengungkapkan bahwa campuran kunyit dan lada ini dipecaya dapat bagus untuk imunitas tubuh.

Selain itu, kedua kandungan ini juga memilii sifat anti bakter, anti inflamasi, dan antivirus lainnya. Sehingga mampu menghilangkan enfeksi serta melawan virus.

BACA JUGA:8 Obat Pegal Linu Seluruh Badan Pasca Sakit, Salah Satunya Minum Suplemen Vitamin

BACA JUGA:Mampu Melindungi dari Sinar UV, Berikut Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan

Untuk pengaplikasiannya sendiri, kalian bisa memasukkan kedua bahan tersebut ke dalam makanan yang sudah dipersiapkan. Kalian juga bisa menambahkan kunyit pada susu kalian agar proses penyembuhan demam berdarah berjalan dengan cepat.

5. Beras Angkak

Salah satu studi dari Institus Pertanian Bogot (IPB), pada tahun 2012 menunjukkan bahwa kapsul ekstrak angkak dapat meningkatkan trombosit pada tikus  putih dengan kandar trombosit yang rendah.

Tidak hanya berguna pada tikus saja, ekstrak ini juga dapat membantu pasien DBD lebih cepat sembuh.

Itulah beberapa tanaman yang bisa membantu menurunkan demam berdarah. Jadi, terbukti bahwa  tidak semua tanaman tidak berguna bukan? (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: