Sudah Tahu Belum, Umur Berapa Kucing Bisa Hamil? Temukan Jawabannya di Sini!

Sudah Tahu Belum, Umur Berapa Kucing Bisa Hamil? Temukan Jawabannya di Sini!

umur berapa kucing bisa hamil--Freepik

RADARPEKALONGAN – Jika kamu baru pertama kali mengadopsi kucing di rumah, apakah kamu sudah tahu, umur berapa kucing bisa hamil?

Perlu kamu ketahui, bahwa kucing memiliki perhitungan umur yang berbeda dengan manusia, dan jika dibandingkan dengan hewan mamalia lainnya, umur kucing terbilang cukup pendek.

Rata-rata kucing hanya bisa bertahan hidup sampai umur 10 sampai 16 tahun, itu pun kalau tidak terkena penyakit dan lain-lain yang menyebabkan mati usia muda.

BACA JUGA:Bisa Melebatkan Bulunya, Inilah Vitamin Kucing yang Bagus, Buktikan Saja!

Hal inilah yang akhirnya mempengaruhi umur berapa kucing bisa hamil, bahkan kehamilan kucing akan lebih cepat dibandingkan dengan mamalia lainnya, lalu kira-kira umur berapa kucing bisa hamil?

Dilansir dari halaman ressmi icatcare, kucing bisa mulai hamil pada umur 4 bulan, namun sebenarnya umur 4 bulan belum terlalu matang, kasus yang sering terjadi kucing akan hamil pada umur 10 bulan atau bahkan lebih.

Hal ini dikarenakan tiap kucing memiliki aktivitas reproduksi yang berbeda-beda, selain tergantung dari jenis atau rasnya, kehamilan ini juga tergantung dari keadaan iklim cuaca dimana kucing tersebut tinggal.

BACA JUGA:Baru Pelihara Kucing, Inilah Ciri-Ciri Kucing Hamil, dan Cara Merawatnya!

Kucing yang memiliki umur pendek, biasanya akan hamil pada umur 4 sampai 5 bulan, sedangkan kucing dengan ras bulu panjang, biasanya baru bisa hamil pada umur 10 bulanan atau lebih.

Kemudian dilansir dari jurnal penelitian berjudul, Clinical Management of Pregnancy in Cats, masa kehamilan kucing juga terbilang cukup pendek, yaitu antara 63 sampai 65 hari atau sekitar 2 bulanan.

Jadi ketika ada kucing dengan umur 4 bulan sudah hamil, kucing akan melahirkan pada umur 6 bulanan, atau bisa juga lebih sedikit.

BACA JUGA:Tertarik Mengadopsinya, Inilah Ras Kucing Paling Cerdas di Dunia, Bisa Dilatih!

Uniknya lagi, berhubung masa kehamilan kucing ini sangat pendek, masa kehamilannya ini bisa terjadi dua kali dalam setahun.

Jadi jika kamu baru mengadopsi kucing di rumah dan hamil setahun dua kali, kamu tidak perlu heran, karena itu memang sudah kodratnya.

Bahkan, ketika kucing betina sedang dalam masa pubertas, kucing bisa hamil sampai tiga kali dalam setahun.

BACA JUGA:Tidak Perlu Panik, Inilah Cara Mengobati Kucing Pincang, Pasti Sembuh!

Dan pada saat melahirkan, umumnya kucing bisa melahirkan sampai 10 ekor anak kucing, namun umumnya kucing betina hanya melahirkan 3 sampai 6 ekor anak saja.

Biasanya, ketika mereka bisa melahirkan sepuluh anak sekaligus, ada beberapa anaknya yang tidak bisa bertahan hidup hingga beberapa hari, sampai akhirnya mati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: