Mudah dan Praktis, Begini Cara Menanam Bunga Mawar Dengan Stek Batang, Buktikan Sendiri

Mudah dan Praktis, Begini Cara Menanam Bunga Mawar Dengan Stek Batang, Buktikan Sendiri

Mudah dan Praktis, Begini Cara Menanam Bunga Mawar Dengan Stek Batang, Buktikan Sendiri-Anak Petani-Youtube

RADARPEKALONGAN - Cara menanam bunga mawar dengan stek batang memang bisa dibilang gampang-gampang susah, namun jika dibandingan dengan menanam mawar dengan benih, menanam mawar dengan stek batang jauh lebih mudah dan lebih cepat.

Bunga mawar masih menjadi pilihan paling populer untuk ditanam oleh para pecinta bunga. Hal tersebut dikarenakan, Bunga mawar memiliki warna yang beragam dan sangat indah.

Cara menanam bunga mawar dengan stek batang merupakan cara yang paling mudah dan praktis daripada dengan cara-cara menanam bunga mawar yang lainnya. Ditambah menanam bunga mawar dengan stek batang, akan membuat mawar lebih cepat tumbuh dari ketiak ruas-ruas batangnya.

Cara menanam bunga mawar dengan stek batang sebenarnya cukup mudah dan praktis. Namun meskipun cukup mudah dan praktis, kalian tetap membutuhkan teknik yang tepat untuk mengurangi resiko kegagalannya. 

BACA JUGA:Inilah 7 Cara Menanam Bunga Mawar agar Tumbuh Subur dan Cantik untuk Pemula, Mudah Banget Kok

Lantas, bagaimana teknik yang tepat dalam menanam bunga mawar dengan stek batang? Berikut ini cara menanam bunga mawar dengan stek batang secara tepat yang perlu untuk kalian ketahui.

Cara Menanam Bunga Mawar Dengan Stek Batang

1. Alat dan Bahan

Cara menanam bunga mawar dengan stek batang yang pertama yaitu dengan menyiapkan alat dan bahannya.

Nah, berikut ini adalah alat dan bahan yang kalian perlukan untuk menanam mawar dengan stek batang:

  • Batang bunga mawar.
  • Air bersih.
  • Pisau atau gunting taman yang steril.
  • Pot.
  • Media tanam yang berupa tanah, pupuk kandang, kompos dan arang sekam.
  • Zat pengatur tumbuh atau ZPt (jika ada)

BACA JUGA:Inilah 8 Cara Menjaga Keawetan Bunga Mawar Potong, Efektif Bikin Bunga Mawar Tetap Indah dan Segar

2. Penanaman

Cara menanam bunga mawar dengan stek batang yang selanjutnya adalah penanaman. Tahapan dalam menanam bunga mawar dengan stek batang adalah sebagai berikut:

  • Pertama, kalian harus menyiapkan media tanamnya terlebih dahulu. Media tanam yang dapat kalian pakai adalah campuran tanah, arang sekam dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1:1:1. Setelah itu, kalian dapat mengaduk media tanam tersebut sampai tercampur dengan merata dan masukkan ke dalam pot.
  • Tentukan batang mawar yang akan distek dengan memilih batang yang telah tua. Ciri-ciri batang yang telah tua yaitu memiliki duri yang berwarna hitam.
  • Potong batang mawar sepanjang 15 sampai 20 centimeter dengan menggunakan pisau atau gunting taman yang tajam dan steril dan potonglah batang tersebut dengan cara meruncing supaya akarnya cepat tumbuh.
  • Masukkan batang mawar yang telah dipotong ke dalam campuran air dan ZPT selama beberapa jam jika ada, jika tidak ada kalian dapat menggunakan air saja.
  • Lubangi media tanam di dalam pot sekitar sepertiga dari panjang batang mawar yang telah dipotong.
  • Sebelum ditancapkan ke dalam lubang, kalian perlu untuk memotong daun-daun yang berada di bagian bawah batang untuk mengurangi proses evaporasi nantinya.
  • Tancapkan batang mawar yang telah dipotong ke dalam media tanam yang sebelumnya telah disiapkan.
  • Letakkan stek bunga mawar tersebut pada tempat yang teduh.
  • Lakukan penyiraman secara teratur menggunakan penyemprot air sampai tunas daun baru tumbuh. Karena jika sudah ada daun baru yang tumbuh, maka berarti cara menanam bunga mawar dengan stek batang yang kalian lakukan sudah benar.

BACA JUGA:Mau Memberikan Mawar Sebagai Hadiah? Inilah 9 Arti Bunga Mawar Berdasarkan Warnanya, Jangan Sampai Salah Pilih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: