Harus Punya Stoknya Nih! 5 Jenis Buah yang Cocok Dikonsumsi saat Terserang Flu

Harus Punya Stoknya Nih! 5 Jenis Buah yang Cocok Dikonsumsi saat Terserang Flu

jenis buah yang cocok dikonsumsi saat terserang flu-ilustrasi jenis buah untuk mencegah flu-freepik.com

RADARPEKALONGAN - Mengenal jenis buah yang cocok dikonsumsi saat terserang flu memanglah sangat penting diketahui. Sebab, selain istirahat yang cukup dan mengkonsumsi obat dokter, kalian juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Salah satunya ialah buah-buahan.

Flu sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus influenza. Berbagai gejala seperti bersin, dan sakit kepala tentu menimbulkan rasa tidak nyaman. Belum lagi ketika hidung tersumbat melanda, jelas kondisi tersebut sangat mengganggu aktivitas kalian sehari-hari bukan?

Nah, untuk itulah penting banget buah kalian mengenal jenis buah yang cocok dikonsumsi saat flu tersebut. Adapun jenis buah-buahnya tersebut sebagai berikut.

1. Nanas

Jenis buah yang cocok dikonsumsi saat terserang flu yang pertama adalah nanas. Sebab, buah ini mengandung enzim bromelain yang berpotensi meredakan peradangan akibat infeksi virus, salah satunya adalah  virus influenza penyebab flu.

BACA JUGA:Daftar Multivitamin yang Aman untuk Lambung dan Ginjal Terbaik Tahun 2023

BACA JUGA:9 Macam Vitamin untuk Batuk Pilek Anak agar Tubuh Anak Terbebas dari Penyakit

Tidak hanya dapat meredakan peredangan saja, enzim bromelain ini juga dapat mengencerkan dahak yang menumpuk di tenggorokan dan saluran pernapasan.

2. Stroberi

Jenis buah yang direkomendasikan saat flu menyerang adalah Stroberi. Sebenarnya bukan hanya stroberi saja, melainkan berbagai jenis buah-buahan beri lainnya, seperti rasberi, dan bluberi juga dapat dijadikan sebagai pereda flu.

Hal ini dikarenakan buah stroberi dan kawan-kawannya ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi yang mana dijadikan sebagai antioksidan. Antioksidan inilah yang dapat membantu memeliharan kesehatan sel-sel tubuh, terutama saat sedang terserang penyakit.

Kandungan tersebut adalah Anthocyanin dan Reveratrol. Tidak hanya itu saja, keluarga beri ini juga memiliki sifat anti inflamasi yang kuat.

BACA JUGA:Berikut 10 Multivitamin yang Aman untuk Lambung dan Sehat untuk Tubuh

BACA JUGA:Catat! 10 Produk Multivitamin untuk Penderita Asam Lambung agar Tidak Mudah Kambuh

3. Kelapa

Sekarang kita berlanjut kebuah seribu khasiat, yakni kelapa. Selain memiliki  rasa yang menyegarkan, seperti yang diketahuim air dari buah kelapa ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah membantu proses penyembuhan flu dan pilek.

Pasien fly dan pilek sangat rentang menyebabkan penderitanya mengalami dehidrasi. Bahkan, kasus yang seirusm dehidrasi parah harus ditangan di rumah sakit dan dokter yang profesional.

Oleh karena itu, untuk mengganti atau menambah asupan cairan agar tubuh tidak dehidrasi adalah dengan mengonsumsi buah kelapa secara rutin selama 2x perhari.

Sebab, kanduangan air dalam kelapa mampu membantu menyeimbangkan kadar elektrolit di dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya dehidrasi.

BACA JUGA:Rekomendasi Merk Vitamin untuk Penderita Asam Lambung, Jangan Sampai Melebihi Dosis!

BACA JUGA:Inilah 4 Tips Memilih Merk Vitamin C untuk Penderita Asam Lambung, Jangan Asal-asalan!

4. Buah-Buahan Sitrus

Jenis buah yang cocok untuk dikonsumsi saat terserang flu yang berikutnya adalah buah-buahan sitrus. Jenis buah yang terantung dalam buah sitrus ini adalah jeru, lemon, jeruk nipis, dan nangka.

Untuk membantu melawan infesi virus, terutama virus influenza, sangat dibutuhkan beberapa buah-buahan yang kaya akan Vitamin C nya. Nah, salah satunya dalah buah-buahan sitrus ini.

Buah dengan Vitamin C yang tinggi ini mampu membantu memperkuar sistem kekebalan untuk untuk melawan virus flu secara maksimal. Selain itu, sifak antioksidannya yang tinggi inilah juga yang membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

Tidak hanya itu saja loh, Vitamin C yang terkandung dalam buah-buahan sitrus ini juga diyakini berpotensi mengurangi keparahan gejala serta menurunkan risiko komplikasi akibat flu.

BACA JUGA:Rekomendasi Terbaik Multivitamin yang Aman untuk Penderita Maag Kronis

BACA JUGA:8 Rekomendasi Merk Vitamin C untuk Penderita Asam Lambung yang Harus Kamu Tahu

5. Apel

Jenis buah yang cocok untuk dikonsumsi saat terserah flu yang akan terakhir kia bahas adalah Apel. Apel adalah buah yang kaya akan beraneka macam vitamin, serat, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, Apel ini juga merupakan jenis buah yang kaya akan antioksidan, seperti catechin, phloriidzin, quercetin, dan asam klorognet.

Sehingga selain rasanya yang masam dan menyegarkan, membuat Apel ini bisa untk kalian yanag terkena seranga flu. ingat! jangan kupas kulit buah apel tersebut agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

Itulah 5 jenis buah yang cocok dikonsumsi saat terserang flu. Namun, selain makan buah, pastikan kalian juga minum obat flu untuk mambantu mengurangi gejala flu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: