Tips Aman Mengendarai Motor Sport dengan Box Belakang Ala Honda

Tips Aman Mengendarai Motor Sport dengan Box Belakang Ala Honda

Tips Aman Mengendarai Motor Sport dengan Box Belakang Ala Honda-FOTO-Dok.Istimewa

RADARPEKALONGAN  - Box belakang motor adalah aksesori yang umum terpasang di bagian belakang sepeda motor. Biasanya fungsi box ini untuk menyimpan barang-barang atau muatan tambahan. Namun, terkadang banyak yang bingung bagaimana cara aman mengendarai Motor Sport yang Memiliki Box Belakang.

Berikut Astra Motor Jateng berbagi tips aman cara mengendarai motor sport debvan box belakang. Dikutip melalui penjelasan singkat di laman instagram terkati cara menaiki sepeda motor sport yang terpasang box belakang.

BACA JUGA:Beli Suzuki XL7 Hybrid 2023, Cukup Murah dengan DP hanya Rp7 Juta serta Angsuran Rp190 ribu/Hari

Tips Aman Mengendarai Motor Sport dengan Box Belakang Ala Honda:

Pertama, posisikan kaki kanan naik, dilipat dengan memegang tulang kering. Kemudian, angkat dan silangkan kaki ke bagian kanan motor.

Setelah itu, letakkan kaki kanan langsung di footstep dan menginjak rem belakang.

Penggunaan Box sendiri biasanya terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, seperti halnya plastik ataupun logam. Dan biasanya memiliki tutup yang bisa dikunci untuk menjaga keamanan barang-barang di dalamnya.

Box belakang motor sering digunakan oleh pengendara untuk membawa barang-barang seperti halnya tas, helm cadangan, pakaian hujan, ataupun barang lainnya yang tidak praktis atau aman untuk dibawa di tangan atau di punggung. 

Bentuk Box ini datang dalam berbagai ukuran dan kapasitas, sesuai dengan kebutuhan pengendara.

Sehingga pemasangan box belakang harus dilakukan dengan benar agar tidak mengganggu keseimbangan dan handling sepeda motor. 

Banyak dari produsen sepeda motor dan pihak ketiga yang menyediakan box belakang dengan sistem pemasangan yang mudah serta aman.

Penting untuk diketahui, untuk memperhatikan kapasitas muatan yang disarankan oleh produsen box belakang. Jangan sampai melebihi kapasitas muatan, sebab dapat memengaruhi keseimbangan dan kemampuan pengendalian sepeda motor.

Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng,Oke Desianto juga mengingatkan, pastikan untuk memperhatikan pengaruh box belakang terhadap keseimbangan dan manuver saat berkendara, terutama saat bermanuver atau berbelok. 

"Penggunaan box belakang pada sepeda motor dapat menjadi solusi yang praktis untuk membawa barang-barang dengan lebih mudah dan aman, terutama dalam perjalanan sehari-hari atau perjalanan jarak jauh", kata Oke.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: