Kontingan Asian Paragames Hangzhou Asal Jateng Ditergetkan Pulang Bawa Medali

Kontingan Asian Paragames Hangzhou Asal Jateng Ditergetkan Pulang Bawa Medali

Pj Gubernur Jateng melepas atlet yang akan berlaga pada The 4th Asian Paragames Hangzhou 2023.-istimewa-

SURAKARTA – Sebanyak 3 atlet asal Jawa Tengah yang akan membela kontingen Indonesia pada ajang The 4th Asian Paragames Hangzhou 2023, dilepas oleh Pj Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (P) Nana Sudjana.

Pada sambutannya,  Nana menilai bahwa bagi para atlet yang tergabung National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Jateng yang dikirim ke Hangzhou adalah kepercayaan yang diberikan negara untuk Jawa Tengah. 

"Dari total 132 atlet yang mewakili Indonesia, 37 diantaranya berasal dari Jateng.  Ini suatu kepercayaan yang harus kalian pertanggungjawabkan," kata Nana dihadapan para atlet, pelatih, asisten pelatih, dan official yang dilepas dari Kusuma Sahid Prince Hotel Solo, Jumat,  13 Oktober 2023  malam.

Dijelaskan, para atlet yang terpilih mewakili kontingen itu merupakan atlet-atlet terbaik di masing-masing cabang olahraga. Sebab, pemilihan para atlet itu dilakukan sacara ketat.  

"Karena itulah, buktikan hal itu dengan prestasi, dan saya harapkan pulang untuk membawa medali," tegas Pj Gubernur.

Pada kesempatan itu Pj Gubernur juga berpesan agar dalam mengikuti pertandingan, para atlet agar, tidak bertumpu pada kekuatan fisik. Namun juga pandai mengatur strategi, termasuk diminta mengenali kelemahan-kelemahan lawan dengan baik.  

"Peran para pelatih tidak kalah penting. Sebab, seorang pelatih punya pengaruh besar dalam membentuk mental juara bagi atletnya. Berikan mereka selalu motivasi. Motivasi ini sangat penting,” terangnya.

Menurut dia, kekompakan menjadi salah satu kunci kemenangan. Maka para atlet dari Jateng harus bisa menjaga kekompakan, serta nama baik Indonesia di dunia internasional.

Untuk memberikan semangat dan mendukung keberangkatan para atlet ke Huangzhou, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberikan uang saku kepada 37 atlet dan 27 pelatih. Setiap atlet dan pelatih mendapatkan uang saku sebesar Rp3 juta. 

Sementara itu, Ketua NPCI Jateng Osrita Muslim mengatakan, ada 11 cabang olahraga yang nantinya diikuti para atlet NPCI Jateng, meliputi  atletik, bulutangkis, boccia, lawn bowls catur, renang, menembak, balap sepeda, judo, angkat berat, dan tenis meja.

Osrita menyadari, atlet Jawa Tengah tentu akan menghadapi ketatnya pertarungan di event Asian Paragames. "Kami terus berusaha meningkatkan semangat para atlet Jateng, agar menunjukkan kemampuan terbaiknya di Asian Paragames tahun 2023," ucapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: