Cara Menghemat Energi Bahan Bakar Minyak, Pengguna Kendaraan Bermotor Harus Tahu Ini

Cara Menghemat Energi Bahan Bakar Minyak, Pengguna Kendaraan Bermotor Harus Tahu Ini

Cara Menghemat Energi Bahan Bakar Minyak-freepik-freepik

RADARPEKALONGAN - Cara menghemat energi bahan bakar minyak ini mungkin berguna bagi anda yang ingin kendaraan anda selalu memiliki bahan bakar yang hemat.

Hemat nya bahan bakar kendaraan bermotor anda sangat berpengaruh terhadap pelestarian alam karena minyak bumi yang tersedia di alam akan lebih terjaga cadangannya.

Dengan harga bahan bakar minyak dan harga minyak mentah dunia yang selalu naik menyebabkan kita harus menghemat konsumsi bbm kendaraan kita agar tidak boncos.

Cara Menghemat Energi Bahan Bakar Minyak

1. Perhatikan Bobot Beban Kendaraan Anda

Dengan memperhatikan beban yang dibawa kendaraan anda akan membuat bahan bakar minyak anda semakin hemat konsumsinya.

Beban yang melebihi kemampuan kendaraan anda akan membuat mesin bekerja ekstra keras untuk membuat mobil atau kendaraan anda melaju.

Mesin yang bekerja ekstra keras ini akan membuat konsumsi bahan bakar anda membludak dan tentunya membuat boros penggunaan energi bahan bakat minyak.

2. Selalu Lakukan Pemeliharaan Rutin

Anda perlu melakukan pemeliharaan rutin atau servis rutin di bengkel resmi agar kondisi kendaraan anda selalu dalam keadaan prima.

Pemeliharaan kendaraan bisa juga di lakukan di bengkel langganan anda yang tentunya sudah berpengalaman dan ahli dalam merawat motor anda.

Anda juga dapat melakukan pemeliharaan mandiri untuk komponen-komponen yang mudah diganti seperti busi dan oli mesin kendaraan anda.

3. Perhatikan Tekanan Ban Kendaraan

Tekanan ban atau roda kendaraan anda sangat mempengaruhi tingkat kehematan kendaraan bermotor anda, dan tentunya menyelamatkan dompet anda dari bahaya boros bbm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: