Inilah 5 Macam Jenis Jus Penurun Darah Tinggi yang Wajib Diketahui

Inilah 5 Macam Jenis Jus Penurun Darah Tinggi yang Wajib Diketahui

macam jus penurun darah tinggi-ilustrasi jus penurun darah tinggi-freepik.com

RADARPEKALONGAN - Tidak hanya terbuat dari bahan-bahan yang kita sukai, terdapat beberapa macam jus penurun darah tinggi yang terbuat dari bahan-bahan anti mainstream yang mana diluar dugaan kita.

Bahkan, beberapa diantaranya kita pun tidak bisa membayangkan, bagaimana rasa dari jus tersebut. Namun, apa boleh buat jika itu mengonsumsi jus tersebut adalah suatu keharusan guna menyembuhkan atau mencegah penyakit yang lebih mengerikan.

Lantas, apa saja ya macam jus penurun darah tinggi yang dimaksud? Berikut ini informasinya untuk kalian semua, barangkali salah satunya merupakan jus kesukaan kamu.

BACA JUGA:6 Pilihan Merk Obat Pelangsing yang Ada di Apotek

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 5 Cara Membuat Jus untuk Menurunkan Darah Tinggi agar Mendapatkan Manfaat yang Optimal

1. Jus Seledri

Seledri merupakan salah satu macam jus penurun darah tinggi yang mana memiliki aroma yang sangat kuat.

Walaupun begitu, jus seledri ini terbukti ampuh menurunkan tekanan darah tinggi loh bun. Hal ini dibuktikan dari study pada hewan dan manusia yang mana menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi jus seledri secara rutin dapat memberikan efek menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Hal ini didapat tak lain karena seledri ini merupakan salah satu jenis sayuran yang tinggi akan kalium, dan antioksidan yang digadang mampu membantu menstabilkan tekanan darah.

Adapun jenis seledri yang baik untuk diolah menjadi jus yakni memiliki batang besar. Namun bagi kalian yang tidak menyukai aroma dari seledri, jangan khawatir.

Kalian bisa mencampurkan seledri dengan wortel atau apel untuk memperkaya cita rasa, sehingga jus yang dihasilkan terasa lebih nikmat.

BACA JUGA:Dijamin Aman dan Sehat! Daftar 6 Jus untuk Menurunkan Darah Tinggi Berbahan Alami

BACA JUGA:Daftar 6 Buah untuk Menurunkan Hipertensi dengan Segala Kandungannya, Rekomendasi untuk Pasien Darah Tinggi

2. Jus Bayam

Selain jus seledri, kalian juga bisa nih mengonsumsi jus bayam untuk menurunkan darah tinggi. Sebab, jus bayan ini kaya akan nitrat alami, yakni senyawa yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan dapat menurunkan tekanan darah.

Tidak hanya itu saja, bayam juga merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan zat besi, Vitamin C, dan Vitamin A.

Jus bayam dapat dijadikan sebagai penurun darah tinggi ini bukan hanya isapan jempol loh. Karena, terdapat sebuah penelitian yang menemukan bahwa dengan mengonsumsi jus bayam setiap hari selama kurang lebih 8 hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan mengatasi kekakuan arteri.

3. Jus Prune

Setelah kita mengenal macam jenis jus penurun darah tinggi yang antimainstream, kita juga perlu mengenal macam jus penurun darah tinggi yang memiliki rasa lezat yang menyegarkan.

BACA JUGA:Inilah 5 Buah yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Darah Tinggi, Efektif Bantu Turunkan Tekanan Darah

BACA JUGA:Ini Dia 8 Jus Buah untuk Menghilangkan Lemas dan Kepala Pusing

Salah satunya adalah jus prune. Buah prune ini merupakan buah kering yang memiliki nutrisi yang tinggi. Oleh karena itu, buah ini memiliki banyak manfaat, seperti dapat menurunkan berat badan hingga menurunkan darah tinggi.

Hal ini dibuktikannya dari sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi satu gelas jus prune atau plum setiap hari selama kurang lebih 8 minggu dapat mengurangi tekanan darah.

Tidak hanya itu saja, buah prune atau plum ini juga mengandung potasium dan antioksidan yang tinggi yang dapat membantu menyeimbangkan kadar sodium dan mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh. Sehingga baik untuk kesehatan jantung.

4. Jus Jeruk

Selain memiliki rasa yan menyegarkan, jus jeruk ini terrnyata juga memiliki kandungan potasium tinggi yang dapat membantu mengobtrol tekanan darah tinggi.

BACA JUGA:Enak dan Bermanfaat! 4 Buah untuk Meredakan Darah Tinggi Lengkap dengan Kandungan di Dalamnya

BACA JUGA:Begini 8 Cara Ampuh Atasi Rasa Capek dan Lemas dengan Ekstrak Multivitamin Jus Buah

Tidak hanya itu saja, jus jeruk ini juga mengandung flavonoid bernama hesperidi yang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Penelitian menunjukkan dengan mengonsumsi jus keruk selama kurang lebih 12 minggu secara rutin seiap hari dapat memberikan efek penurunan darah tinggi pada orang dengan hipertensi stadium 1.

5. Jus Raspberry

Siapa yang tidak kenal dengan jus raspberry, memiliki rasa masam yang khas dan menyegarkan ini juga dapat dijadikan sebagai obat penurun darah tinggi.

Hal ini dikarenakan, raspberry memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Bahkan ada juga penelitian yang meneliti hal tersebut dan ditemukan pada pasien dengan hipertensi, jus raspberry mengurangi tekanan darah sistolik sebesar 7,3 dan 6,8 mmHg setelah mengonsumsi jus tersebut kurang lebih 6-12 minggu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: