Si Kecil Panuan? 9 Rekomendasi Obat Panu untuk Anak yang Aman dan Ampuh

Si Kecil Panuan? 9 Rekomendasi Obat Panu untuk Anak yang Aman dan Ampuh

rekomendasi obat panu untuk anak-ilustrasi fungares-shopee

RADARPEKALONGANDISWAY.ID - Rekomendasi obat panu untuk anak yang aman dan pasti ampuh untuk menghempas penyakit kulit yang membandel.

Siapa sih yang ngga tau penyakit kulit satu ini? Kamu pasti juga sudah sangat familiar ya dengan panu, karena idak hanya bisa dialami oleh orang dewasa saja, tetapi bisa juga pada anak-anak.

Orang tua pun terkadang bingung untuk memberikan pengobatan untuk panu yang dialami anak-anak, karena menyangkut keamanan produk yang digunakan.

Jadi kira-kira apa saja ya rekomendasi obat panu untuk anak yang aman dan ampuh di apotek?

Rekomendasi Obat Panu untuk Anak

Penggunaan obat khusus infeksi jamur yang berbentuk seperti krim atau losion dapat menyembuhkan infeksi ringan.

Untuk infeksi panu yang lebih serius, anak-anak sebaiknya dibawa untuk berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu ya, moms.

Berikut beberapa rekomendasi obat panu untuk anak yang dapat moms dapatkan di apotek.

BACA JUGA:Inilah 6 Obat Panu Ampuh dan Terbaik yang Tersedia di Apotek

BACA JUGA:Dijamin Ampuh Banget! 10 Obat Panu Alami Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

BACA JUGA:Panu Bikin Nggak Pede? 7 Cara Menghilangkan Panu di Wajah yang Membandel dengan Mudah

1. Daktarin

Rekomendasi obat panu untuk anak yang pertama yaitu mom bisa memakai Daktarin. Obat krim dengan kandungan zat aktif miconazole nitrate 2 persen ini ampuh bekerja menghancurkan bakteri dan jamur penyebab infeksi.

Daktarin digunakan untuk mengatasi penyakit infeksi kulit yang diakibatkan oleh berbagai jenis jamur, termasuk panu.

Cara pakainya cukup mudah, yaitu moms tinggal mengoleskan krim pada bagian kulit terinfeksi yang sudah dibersihkan dan dikeringkan.

Untuk harga obat panu ini juga terjangkau yaitu sekitar Rp32.000/tube 5 gram.

2. Kalpanax Salep

Salah satu rekomendasi obat panu untuk anak lainnya yakni Kalpanax Salep. Obat panu ini berbentuk obat oles, Kalpanax Salep digunakan untuk mengatasi jamur di kulit seperti panu, kadas, kurap, kutu air hingga ruam popok.

BACA JUGA:Kamu Panuan? Yuk Kenali Penyebab Panu, Gejala, Faktor Risiko dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Inilah 6 Obat Panu Ampuh dan Terbaik yang Tersedia di Apotek

BACA JUGA:Dijamin Ampuh Banget! 10 Obat Panu Alami Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Kalpanax mengandung zat aktif mikonazol yang bekerja dengan mengikat kandungan pada dinding sel jamur, serta menghambat pembentukan dinding sel jamur yang kemudian dapat menyebabkan kematian sel jamur.

Penggunaannya juga mudah, cukup oleskan dua kali sehari. Lamanya panu akan hilang bervariasi antara 2-6 minggu tergantung dari tempat dan berat ringannya penyakit.

Harga sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 9.000/tube 6 gram.

3. Fungiderm

Rekomendasi obat panu untuk anak selanjutnya yaitu Fungiderm dengan komposisi clotrimazole 1 persen, yang memiliki sifat antijamur dan antiparasit topikal.

Obat ini berbentuk krim yang ampuh mengatasi infeksi jamur kulit dan kuku, yang disebabkan oleh dermatofit, candida, dan jamur.

Obat panu ini bisa moms berikan untuk anak usia 3 tahun ke atas. Cara pakainya juga sangat mudah yakni oleskan secukupnya pada bagian yang sakit 2-3 kali sehari selama 10-14 hari secara teratur.

BACA JUGA:Inilah 8 Manfaat Vitamin E untuk Kulit dan Rambut, Efektif Lembapkan Kulit dan Kilaukan Rambut

BACA JUGA:Mengurangi Tanda-tanda Penuaan, Inilah 9 Manfaat Vitamin K untuk Kecantikan Kulit agar Sehat dan Cerah

BACA JUGA:Mengurangi Kerutan, Inilah Manfaat Vitamin A untuk Kecantikan, Rahasia Kulit Sehat dan Bersinar

Akan lebih optimal lagi jika penggunaan obat ini dilakukan secara rutin dan tidak berhenti. Harganya sekitar Rp18.000/tube 5 gram.

4. Canesten

Canesten merupakan obat antijamur berbentuk krim yang mengandung zat aktif clotrimazole. Obat ini digunakan untuk mengatasi jamur pada kulit, termasuk panu, kadas/kurap, kutu air, dan ruam popok. 

Moms bisa mengoleskan tipis-tipis pada kulit yang sakit, gunakan minimal selama dua minggu untuk memastikan infeksi jamur teratasi dengan sempurna. Harga sekitar Rp30.000/tube 5 gram.

5. Selkids

Selkids merupakan salah satu obat panu untuk anak yang aman dan ampuh. Obat ini memiliki kandungan aktif selenium sulfide sebanyak 18 miligram.

BACA JUGA:Menjaga Kesehatan Kulit, Rambut, dan Mata, Inilah 10 Manfaat Vitamin B untuk Kesehatan

BACA JUGA:Vitamin untuk Kulit yang Sehat dan Bersinar, Cocok untuk Wanita Muda 20-an

BACA JUGA:Ini Lho Asupan Vitamin untuk Kulit Kering, Bikin Kulit Sehat dan Bersinar

Untuk penggunaannya, moms cukup mengoleskan secukupnya ke bagian tubuh yang terkena panu dan diamkan selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih menggunakan air. Harga obat ini sekitar Rp35.000/10 ml.

6. Fungasol 2% Krim

Fungasol 2% krim adalah obat anti jamur topikal untuk infeksi jamur pada kulit dan selaput mukosa. Penggunaan obat ini sebaiknya sesuai dengan petunjuk dokter ya, moms.

Obat krim ini memiliki komposisi aktif ketoconazole, yang mengobati infeksi akibat dermatofita, ragi dan jamur lainnya. Harga sekitar Rp 42 ribu/tube 10 gram.

7. Mycoral 2% krim

Mycoral 2% krim yang satu ini merupakan obat antijamur yang bekerja dengan cara menghambat pembentukan membran sel jamur dan juga menghambat beberapa enzim jamur. Pemakaiannya juga sangat mudah, cukup oleskan tipis-tipis pada bagian kulit yang sakit.

BACA JUGA:Mengurangi Noda Kulit Berikut Cara Menggunakan Daun Cocor Bebek untuk Wajah

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kecantikan, Rahasia Alami untuk Kulit Sehat

BACA JUGA:10 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kulit, Mengatasi Jerawat dan Anti Penuaan

Supaya lebih aman dan sesuai dosis, penggunaan obat ini sebaiknya sesuai dengan petunjuk dokter ya, moms. Harga sekitar Rp25.000/tube 5 gram.

8. Neo Ultrasiline

Neo Ultrasiline merupakan salep kulit yang dapat digunakan untuk pengobatan topikal dari beberapa jenis infeksi jamur, termasuk panu. Tersedia dalam bentuk tube yang didistribusikan oleh Henson Farma.

Obat ini mengandung bahan aktif clotrimazole, dengan dosis pemakaian 2-3 kali sehari. Harga sekitar Rp10.000/tube 5 gram. Untuk menggunakan obat ini, harap konsultasikan pada dokter anak terlebih dahulu ya, moms.

9. Fungares

Fungares adalah obat yang mengandung miconazole sebagai zat aktifnya, digunakan untuk mengatasi infeksi jamur yang menyerang bagian-bagian tubuh, termasuk kulit.

Gejala infeksi jamur umumnya meliputi rasa gatal, kemerahan, dan rasa perih pada bagian yang terinfeksi. Nah, Fungares berfungsi untuk membunuh dan menghentikan pertumbuhan jamur tersebut nih, moms.

Selain panu pada anak, obat ini dapat dipakai untuk mengobati ruam popok. Harga sekitar Rp28.000/tube 5 gram.

Demikian beberapa rekomendasi obat panu untuk anak yang dapat moms peroleh di apotek terdekat. Jika kondisinya tidak kunjung membaik atau justru semakin melebar, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter ya, moms. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: