Minum Kopi di Pagi Hari, Tepat atau Tidak?

Minum Kopi di Pagi Hari, Tepat atau Tidak?

Minum Kopi di Pagi Hari, Tepat atau Tidak?--freepik.com/@stockking

RADARPEKALONGAN - Minum kopi di pagi hari sudah menjadi kebiasaan yang lumrah banyak orang. Namun, pertanyaannya apakah minum kopi di pagi hari merupakan hal yang tepat terutama bagi kesehatan?

Rutinitas pagi hari belum terasa lengkap jika melewatkan ritual yang satu ini. Terdapat anggapan umum bahwa kopi merupakan minuman yang bisa mengusir rasa kantuk.

Hal itu memang benar adanya, karena kandungan kafein yang ada dalam kopi berkontribusi dalam peningkatan energi dan fokus seseorang.

Kopi yang notabene merupakan zat larut dalam air dan lemak, membuat kafein di dalam kopi ini menjadi mudah diserap oleh tubuh.

Akan tetapi, sebenarnya minum kopi di pagi hari bukanlah pilihan yang tepat, apalagi jika konsumsi pada minuman ini dilakukan tepat setelah bangun tidur.

Lebih jauh lagi, berbagai masalah kesehatan bisa kamu peroleh jika konsumsi kopi dilakukan sebelum sarapan.

Tidak Direkomendasikan Minum Kopi di Pagi Hari

Minum kopi di pagi hari berpotensi membuatmu tidak bisa mengoptimalkan manfaat yang ada pada secangkir kopi yang kamu seduh.

Pada pagi hari, kopi dikonsumsi untuk menghilangkan rasa kantuk dan meningkatkan energi untuk memulai hari.

Namun, sebenarnya konsumsi kopi yang paling baik untuk mendapatkan manfaat optimal adalah ketika hormon kortisol sudah mulai menurun.

Hormon kortisol atau yang biasa disebut juga hormon stres merupakan hormon dalam tubuh manusia yang berperan dalam membantu meningkatkan fokus serta kewaspadaan diri dalam beraktivitas.

Selain itu, hormon ini juga berperan besar dalam pengaturan metabolisme, tekanan darah, hingga kekebalan tubuh.

Hormon kortisol normalnya diproduksi dalam jumlah paling banyak setelah seseorang bangun tidur atau pada pukul 8 hingga 9 pagi.

Pagi hari menjadi waktu di mana kadar hormon kortisol berada di puncaknya. Saat itulah tubuh mendapatkan booster energi yang lebih besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: