Inilah 6 Amalan Pembuka Rezeki yang Bisa Umat Islam Amalkan

Inilah 6 Amalan Pembuka Rezeki yang Bisa Umat Islam Amalkan

Inilah amalan yang bisa mendatangkan rezeki-FOTO -Freepik.com

RADARPEKALONGAN - Ada 6 amalan pembuka rezeki yang bisa umat Islam amalkan. Sehingga dengan mengalamkan 6 amalan ini rezeki akan mengalir dengan deras.

Ada banyak amalan yang bisa diterapkan umat Islam dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah amalan pembuka rezeki, amalan untuk membuka rezeki bisa dilakukan dengan berzikir. Meskipun ringan namun zikir merupakan amalan yang berat timbangannya.

"Dua kalimat yang ringan di lisan, namun berat dalam timbangan (amalan) dan dicintai oleh Ar-Rahman, yaitu subhanallahi wa bihamdih, subhanallahil ‘azhim (Maha Suci Allah, segala pujian untuk-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Mulia)." (HR. Bukhari dan Muslim)

Allah SWT juga memerintahkan umatnya untuk senantiasa berzikir kepada-Nya dalam salah satu firman-Nya.

"Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang." (QS. Al-Ahzab : 41-42).

BACA JUGA: MAN Pekalongan Gelar P5RA Lewat Ajang Demokrasi Sekolah

Manfaat berzikir salah satunya adalah digampangkan rezeki dan segala urusannya Lalu apa saja amalan pembuka rezeki bagi umat Islam lengkap beserta bacaan zikirnya? Berikut amalan pembuka rezeki yang bisa umat Islam amalkan.

1. Istighfar

Mengutip dari Rumaysho, ada 6 amalan pembuka rezeki. Amalan pembuka rezeki bagi umat Islam yang pertama adalah dengan beristigfar. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam QS. Nuh ayat 10-12,

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (10) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا (11) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا (12)

"Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai." (QS. Nuh: 10-12)

2. Menjalin Silaturahim

Amalan pembuka rezeki bagi umat Islam yang kedua adalah dengan menjalin silaturahim. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: