Ini Dia 7 Obat Biduran Alami, Mudah dan Ampuh Menghilangkan Rasa Gatal

Ini Dia 7 Obat Biduran Alami, Mudah dan Ampuh Menghilangkan Rasa Gatal

Obat Biduran Alami--freepik

Kamu bisa memanfaatkan daun jelatang sebagai obat biduran alami dengan meminum kapsul jelatang setiap hari atau memakan beberapa genggam daun jelatang yang dikukus.

5. Cuka

Kamu juga bisa menggunakan jenis cuka apapun seperti cuka sari apel atau cuka dapur sebagai salah satu obat alami biduran. Penggunaannya juga cukup mudah, yaitu

- Campurkan cuka dengan air hangat.

- Oleskan campuran tersebut pada area biduran menggunakan tisu atau kapas.

Sedangkan dalam pengobatan tradisional Cina, biasanya:

- Gunakan tiga perempat cangkir cuka yang direbus dengan seperempat cangkir gula merah dan satu sendok jahe.

- Gunakan campuran tersebut dengan air dan oleskan pada area gatal-gatal beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.

6. Selada air

Selada air adalah salah satu obat biduran alami tradisional yang efektif untuk meredakan gatal-gatal dan bentol-bentol pada kulit.

Jenis sayuran yang memiliki rasa seperti lemon dan merica ini dikenal sangat berkhasiat karena merupakan salah satu makanan yang mengandung antihistamin terbaik. Ia mampu mencegah 60% histamin yang dilepaskan oleh sel mast selama reaksi alergi.

Sebagai catatan, sel mast adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia yang bereaksi ketika ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

7. Minyak Ikan

Selain mengobati dari luar, kamu juga bisa menghilangkan biduran secara alami dari dalam. Yaitu dengan mengkonsumsi minyak ikan sebanyak tiga kali. Hal ini dikarenakan minyak ikan mengandung asam lemak esensial yang dapat membantu mengatasi peradangan, serta meredakan beberapa gejala biduran yang timbul.

Pilihlah minyak ikan berkualitas dari jenis ikan salmon, bluefish, atau tuna albacore yang bebas merkuri. Konsumsilah secara rutin dan hindari stres, karena stres dapat menjadi pemicu timbulnya biduran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: