7 Hikmah Sakit Menurut Islam, Bisa jadi Penebus Dosa

7 Hikmah Sakit Menurut Islam, Bisa jadi Penebus Dosa

Ilustrasi sakit.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Salah satu hikmah sakit menurut Islam ialah bisa menjadi penebus dosa. hikmah lainnya masih banyak dan itu perlu kita pahami. Sehingga kita bisa bersabar dan ridha dengan segala ketentuan Allah Ta'ala.  

Setiap orang pasti pernah sakit. Baik itu sakit ringan, sedang maupun berat. Itu salah satu bentuk ujian dan cobaan yang Allah berikan kepada hamba-Nya.

Seorang muslim pasti pernah mengalami cobaan sakit. Itu ada hikmah didalamnya. Namun, mayoritas manusia tidak mengetahuinya. 

Mulai sekarang pahami hikmah sakit menurut Islam, agar apapun kondisinya kita selalu ridha dengan semua takdir-Nya.

Baca juga:Adab Menjenguk Orang Sakit Dalam Islam, Inilah Doa saat Menjenguk Orang Sakit

Di antara hikmah sakit menurut Islam yang dilansir dari beberapa sumber sebagai berikut:

1. Sakit menebus dosa dan menghapus kesalahan

Dengan sakit, keburukan yang dilakukan seorang muslim akan dihapus dari catatan amalnya hingga menjadi ringan dari dosa-dosa. Seorang hamba akan mendapat pahala dari musibah yang menimpanya, sekalipun hanya sakit ringan. Selama ia tetap sabar dan selalu meminta pahala. 

Dalilnya, hadits Ummul Ala Radhiyallahu anha, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam berkunjung kepadaku dan aku sedang sakit, lalu beliau bersabda:

"Bergemberilah wahai Ummul ‘Ala, sesungguhnya sakitnya seorang muslim dijadikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk menghilangkan kesalahannya dengannya, sebagaimana api menghilangkan karat emas dan perak." (HR Abu Daud).

Dalil lainnya, hadits Jabir bin Abdullah Radhiyallahu anhu, sesungguhnya ia mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Tidaklah sakit seorang mukmin, laki-laki dan perempuan, dan tidaklah pula dengan seorang muslim, laki-laki dan perempuan, melainkan Allah Subhnahu wa Ta’ala menggugurkan kesalahan-kesalahannya dengan hal itu, sebagaimana bergugurannya dedaunan dari pohon." (HR. Ahmad).

Baca lagi:Adab Bagi Orang Sakit Sesuai Ajaran Islam, Tidak Boleh Harapkan Kematian

2. Sakit akan mengangkat derajat dan menambah kebaikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: