Fungsi dan Manfaat Sarung Tangan Saat Berkendara, Wajib Tahu!

Fungsi dan Manfaat Sarung Tangan Saat Berkendara, Wajib Tahu!

--

Sarung tangan adalah salah satu aksesoris bermotor yang harus Anda miliki karena memiliki banyak fungsi dan manfaat. Jika selama ini memakai sarung motor diketahui hanya untuk mencegah tangan tidak gosong. Padahal bukan hanya itu manfaat Sarung tangan, ada banyak manfaat dan fungsinya saat dikenakan untuk berkendara.

Fungsi dan Manfaat Sarung Tangan Saat Berkendara

Saat ini sarung tangan mulai banyak digunakan oleh para pemotor, meskipun belum banyak yang tahu manfaat sarung tangan sebenarnya. Para pemotor menggunakan sarung tangan semata-mata hanya karena agar kulit tidak belang saja. Padahal ada banyak fungsi dan manfaatnya seperti di bawah ini:

1. Sebagai Pelindung atau Proteksi

Siapa sangka jika sarung tangan yang terlihat sepele ternyata mampu melindungi Anda saat berkendara. Sarung Tangan akan melindungi tangan Anda dari cuaca baik panas maupun dingin.

Selain itu sarung tangan juga menjadi pelindung telapak tangan dari gesekan atau benturan yang mungkin saja terjadi selama berkendara. Gesekan yang terjadi antara kulit tangan dengan stang bisa saja menyebabkan lecet jadi gunakan sarung tangan untuk menghindari hal ini terjadi.

2. Meningkatkan Cengkraman

Selain memiliki fungsi sebagai pelindung tangan, sarung tangan juga bermanfaat untuk meningkatkan cengkraman telapak tangan terhadap setir. Sebagian besar sarung tangan saat ini sudah dilengkapi dengan karet pada bagian telapak tangannya, bagian ini dibuat untuk membantu pengendara agar lebih mudah mencengkeram setir meskipun sedang hujan atau tangan berkeringat. Semakin baik cengkraman maka keamanan berkendara akan semakin terjamin.

3. Membuat Penampilan Lebih Sporty dan Kece

Selain dari segi keamanan dan perlindungan, sarung tangan juga memiliki manfaat dari segi fashion. Menggunakan sarung tangan saat berkendara akan membuat penampilan Anda semakin stylish dan sporty.

Dibandingkan dengan pengendara yang tidak mengenakan sarung tangan, melihat Anda pasti jauh lebih kece. Selain itu menggunakan sarung tangan juga dapat memberikan rasa nyaman dan meningkatkan rasa percaya diri di hadapan pengendara lainnya.

4. Menjaga Suhu

Fungsi sarung tangan yang tidak kalah penting adalah untuk menjaga suhu tangan Anda. Ketika Anda berkendara di saat cuaca hujan atau dingin, maka diperlukan alat untuk menghangatkan tangan agar tetap hangat dan bisa tetap menyetir dengan benar.

Begitu pun sata musim kemarau atau cuaca sangat panas, sarung tangan juga mampu menahan panas yang masuk dari luar ke dalam. Sinar matahari tidak akan menembus sarung tangan yang dikenakan, sehingga tangan tetap aman di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: