Hidup Tenang Tanpa Hutang! Inilah Doa Agar Terhindar Dari Hutang, Amalkan Setiap Hari dan Rasakan Perbedaannya

Hidup Tenang Tanpa Hutang! Inilah Doa Agar Terhindar Dari Hutang, Amalkan Setiap Hari dan Rasakan Perbedaannya

Hidup Tenang Tanpa Hutang! Inilah Doa Agar Terhindar Dari Hutang, Amalkan Setiap Hari dan Rasakan Perbedaannya-NU Online-Youtube

RADARPEKALONGAN - Berikut ini adalah doa agar terhindar dari hutang dan selalu merasa dicukupkan oleh Allah SWT yang dapat diamalkan secara rutin setiap hari.

Ternyata ada doa agar terhindar dari hutang, bahkan doa ini pernah diajarkan dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW yang dapat diamalkan secara rutin setiap hari.

Hukum utang piutang sebenarnya memang diperbolehkan dalam Islam asalkan tidak mengandung unsur riba di dalamnya dan atas kesepakatan antara kedua belah pihak.

Di dalam ajaran Islam, utang piutang dengan menggunakan uang atau barang hukumnya boleh, namun dengan perjanjian bahwa peminjam wajib mengembalikannya secara utuh.

BACA JUGA:Bisa Diamalkan Setiap Hari, Inilah 3 Petunjuk Al-Qur'an agar Rezeki Mengalir Deras, Buktikan Sekarang Juga

Di dalam setiap aktivitas manusia, niat dan berikhtiyar dengan sebaik mungkin sangat menentukan hasil. Hal tersebut dikarenakan, Allah SWT dapat melihat hati manusia dan Allah akan memberikan kemudahan bagi siapa saja yang memang berniat dan beriktiyar sebaik mungkin, termasuk ketika berhutang.

Ketika hamba-Nya berhutang dengan berniat dan bertekad untuk melunasi hutangnya, maka Allah SWT pasti akan membantunya untuk melunasi hutang-hutangnya.

Nabi Muhammad SAW bahkan pernah bersabda yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Ibnu Majah, bahwa siapa saja yang meminjam harta orang lain dengan niat mengembalikannya, maka Allah SWT akan melunasi hutangnya.

Di dalam hadits lain juga dijelaskan bahwa perkara hutang adalah salah satu perkara yang terjadi di dunia, namun akibatnya akan dibawa sampai ke akhirat.

BACA JUGA:Inilah 7 Cara Mengatasi Rezeki Seret Menurut Islam, Dijamin Rezeki Akan Melimpah dan Mengalir Deras

Hadits tersebut menjelaskan bahwa orang yang masih memiliki hutang diwajibkan untuk melunasinya. Akan tetapi, jika ternyata seseorang masih memiliki hutang namun ajalnya telah tiba, maka keluarganya dan ahli warisnya lah yang memiliki kewajiban untuk melunasi hutang tersebut.

Oleh karena itu, untuk mencegah hal tersebut terjadi, kita sebagai umat muslim sebaiknya selalu bersyukur kepada Allah SWT dan selalu merasa cukup agar terhindar dari yang namanya hutang.

Nah, berikut ini adalah bacaan doa agar terhindar dari hutang dan selalu merasa dicukupkan hidupnya oleh Allah SWT yang dapat diamalkan secara rutin setiap hari oleh umat muslim.

Doa Agar Terhindar Dari Hutang dan selalu Merasa Dicukupkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: