Lansia Susah Makan? Ini Dia 6 Cara Mengatasi Lansia Susah Makan

Lansia Susah Makan? Ini Dia 6 Cara Mengatasi Lansia Susah Makan

Cara Mengatasi Lansia Susah Makan --freepik.com/jcomp

RADARPEKALONGAN - Kehilangan nafsu makan bisa menimpa siapa saja, termasuk lansia. Yuk, cari tahu cara mengatasi lansia susah makan berikut ini!

Salah satu keluhan dalam merawat lansia adalah mereka sering sulit makan. Padahal, makanan sehat menyediakan berbagai nutrisi yang membantu fungsi tubuh lansia bekerja secara normal. Juga membuat lansia tetap sehat dan bahagia.

Sebelum mencoba cara mengatasi lansia yang susah makan, perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Ternyata ada banyak faktor yang menyebabkan lansia tidak mau makan, seperti yang dikutip dari sebuah penelitian dalam jurnal Nursing older people.

Pertama, nafsu makan yang menurun berkaitan erat dengan melambatnya metabolisme tubuh sehingga proses pengosongan lambung melambat dan membuat perut kenyang lebih lama.

Kedua, pengaruh kesehatan fisik dan emosional lansia juga mempengaruhi nafsu makan. Jika lansia mengalami masalah mulut, mengalami efek samping mual dan muntah dari obat-obatan tertentu, atau lansia mengalami gangguan jiwa, dampaknya akan mengurangi keinginan untuk menyantap makanan.

Lansia yang tidak mau makan, tentu saja tidak boleh dibiarkan begitu saja. Pasalnya, hal ini dapat menyebabkan lansia mengalami malnutrisi alias kekurangan gizi. Padahal, berbagai nutrisi sangat dibutuhkan lansia untuk menjaga organ dan jaringan tubuhnya tetap sehat.

BACA JUGA: Inilah 6 Jenis Vitamin yang Sehat untuk Lansia agar Sehat dan Bugar

BACA JUGA:Inilah Vitamin dan Suplemen untuk Lansia, Dapat Mengurangi Risiko Kehilangan Daya Ingat

Jangan khawatir, kamu bisa mencoba beberapa trik berikut ini untuk membuat lansia mau makan dengan lahap.

1. Sediakan makanan yang bergizi

Untuk menghindari kekurangan nutrisi, Anda perlu menyediakan berbagai makanan padat gizi. Ini termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, biji-bijian, dan daging tanpa lemak.

Selain itu, kamu perlu juga untuk menyajikan makanan sesuai dengan kondisi mereka agar mereka mau makan dengan lahap.

Lansia lebih mudah mengonsumsi makanan yang memiliki tekstur lembut, potongan makanan yang kecil-kecil, dan suhu makanan yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi lansia yang susah makan, sehingga Anda sangat perlu menerapkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: