Mampu Menjaga Kesehatan Tulang, Inilah 4 Manfaat Minum Susu untuk Lansia Usia 60 Tahun Ke Atas

Mampu Menjaga Kesehatan Tulang, Inilah 4 Manfaat Minum Susu untuk Lansia Usia 60 Tahun Ke Atas

Manfaat Minum Susu untuk Lansia--freepik.com/freepik

RADARPEKALONGAN - Tahukah kamu, banyak, lho, manfaat minum susu. Baik itu untuk anak-anak, maupun untuk lansia. Berikut ini akan kita sampaikan beberapa manfaat minum susu untuk lansia.

Minum susu identik dengan anak-anak, karena mendukung pertumbuhan dan perkembangan. Sebagai sumber nutrisi yang baik, orang tua atau lansia sebenarnya tetap perlu minum susu.

Lalu, berapa banyak susu yang harus dikonsumsi lansia per hari? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Susu merupakan salah satu sumber kalsium dan vitamin D. Tubuh membutuhkan kedua nutrisi ini untuk membuat tulang menjadi lebih kuat.

Sementara kalsium dapat meningkatkan kesehatan tulang pada lansia, vitamin D dapat meningkatkan penyerapan kalsium ke dalam tubuh.

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tulang menjadi lebih tipis dan lebih rentan patah. Bahkan, proses pembentukan tulang baru juga dapat terhenti ketika tubuh tidak memiliki cukup vitamin D.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Susu Lansia agar Nyeri Otot dan Tulang Linu Hilang

BACA JUGA:Cocok untuk Lansia, Inilah Daftar 7 Rekomendasi Susu yang Bagus untuk Tulang

Selain itu, susu juga memiliki manfaat lain bagi lansia yang penting untuk menjaga kesehatannya, seperti berikut ini:

1. Mencegah osteoporosis

Pada dasarnya, osteoporosis bukanlah bagian dari proses penuaan. Namun, tulang memang menjadi lebih rapuh seiring berjalannya waktu.

Artinya, risiko terkena osteoporosis akan meningkat seiring bertambahnya usia. Itu artinya, lansia memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan anak muda untuk mengalami kondisi ini.

Biasanya, wanita lebih rentan mengalami kondisi ini ketika sudah memasuki masa menopause.

Sementara itu, pria lebih rentan terkena osteoporosis ketika kadar testosteron dalam tubuh menurun. Tak heran jika para lansia masih perlu minum susu untuk membantu memperlambat osteoporosis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: