Kisah Nabi Musa dan Mukjizatnya: Nabi yang Membelah Lautan untuk Menyelamatkan Umatnya dari Firaun

Kisah Nabi Musa dan Mukjizatnya: Nabi yang Membelah Lautan untuk Menyelamatkan Umatnya dari Firaun

Nabi yang Membelah Lautan untuk Menyelamatkan Umatnya dari Murka Firaun -freepik / Freepik-

Menyeberangi Laut Merah 

Salah satu mukjizat Nabi Musa AS yang diberikan oleh Allah SWT adalah berupa tongkat, yang mana bisa berubah menjadi ular dan membelah lautan. 

Saat pasukan Mesir suruhan Firaun mengejar kaumnya, mereka terjebak pada ujung perbatasan bukit yang langsung mengarah pada lautan. 

Dan kisah ini pun diabadikan dalam firman Allah SWT pada penggalan ayat suci Al-Quran surat Ash-Shu'ara ayat 60-68, sebagaimana dikatakan: 

فَأَتْبَعُوهُمْ مُشْرِقِينَ (60) فَلَمَّا تَرَاءَى الْجَمْعَانِ قَالَ أَصْحَابُ مُوسَى إِنَّا لَمُدْرَكُونَ (61) قَالَ كَلَّا إِنَّ مَعِيَ رَبِّي سَيَهْدِينِ (62) فَأَوْحَيْنَا إِلَى مُوسَى أَنِ اضْرِبْ بِعَصَاكَ الْبَحْرَ فَانْفَلَقَ فَكَانَ كُلُّ فِرْقٍ كَالطَّوْدِ الْعَظِيمِ (63) وَأَزْلَفْنَا ثَمَّ الْآخَرِينَ (64) وَأَنْجَيْنَا مُوسَى وَمَنْ مَعَهُ أَجْمَعِينَ (65) ثُمَّ أَغْرَقْنَا الْآخَرِينَ (66) إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَةً وَمَا كَانَ أَكْثَرُهُمْ مُؤْمِنِينَ (67) وَإِنَّ رَبَّكَ لَهُوَ الْعَزِيزُ الرَّحِيمُ (68) 

Maka Fir’aun dan bala tentaranya dapat menyusuli mereka di waktu matahari terbit. Maka setelah kedua golongan itu saling melihat, berkatalah pengikut-pengikut Musa, "Sesungguhnya kita benar­-benar akan tersusul.” Musa menjawab, "Sekali-kali tidak akan tersusul; sesungguhnya Tuhanku besertaku, kelak Dia akan memberi petunjuk kepadaku.” Lalu Kami wahyukan kepada Musa "Pukullah lautan itu dengan tongkatmu.” Maka terbelahlah lautan itu, dan tiap-tiap belahan adalah seperti gunung yang besar. Dan di sanalah Kami dekatkan golongan yang lain. Dan Kami selamatkan Musa dan orang-orang yang besertanya semuanya. Dan Kami tenggelamkan golongan yang lain itu. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar merupakan suatu tanda yang besar (mukjizat) tetapi kebanyakan mereka tidak beriman. Dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang. 

BACA JUGA: 2 Kisah Menyentuh Hati di Zaman Rasulullah dari Seorang Wanita Miskin dan Anak Yatim, Sangat Mengharukan!

Dalam Alkitab Kitab Keluaran 13:17-14:29, panjang kisah ini diceritakan. Spesifik pada penggalan ayatnya berbunyi: 

14:26 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Ulurkanlah tanganmu ke atas laut, supaya air berbalik meliputi orang Mesir, meliputi kereta mereka dan orang mereka yang berkuda." 14:27 Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, maka menjelang pagi berbaliklah air laut ke tempatnya, sedang orang Mesir lari menuju air itu; demikianlah TUHAN mencampakkan orang Mesir ke tengah-tengah laut. 14:28 Berbaliklah segala air itu, lalu menutupi kereta dan orang berkuda dari seluruh pasukan Firaun, yang telah menyusul orang Israel itu ke laut; seorang pun tidak ada yang tinggal dari mereka. 14:29 Tetapi orang Israel berjalan di tempat kering dari tengah-tengah laut, sedang di kiri dan di kanan mereka air itu sebagai tembok bagi mereka. 

BACA JUGA: Kisah Teladan Sahabat Nabi: Zubair bin Awwam, Panglima Perang sekaligus Pengawal Pribadi Rasulullah

Dikisahkan bahwa sebelum pengejaran ini terjadi, Nabi Musa sudah diperingatkan oleh Allah SWT untuk segera pergi dari Mesir saat malam hari dengan para kaumnya, Bani Israil. 

Dan saat pengejaran itu terjadi, terlihatlah kebesaran Allah SWT yang membukakan jalan bagi para umatnya. 

Lautan terbuka lebar, menyisakan bentangan jalan kering untuk dilalui Musa. 

Dan ketika dia serta kaumnya sudah mencapai ujung dari laut itu, dientaknya lagi tongkat itu pada permukaan tanah, dan tertutuplah lautan itu. Menghempas Firaun beserta pasukannya yang terlambat betaubat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: