Kembangkan Ketrampilan Matematika, Himmaptika Unikal Gelar U-Mac

Kembangkan Ketrampilan Matematika, Himmaptika Unikal Gelar U-Mac

KERJAKAN - Para peserta lomba sedang mengerjakan soal materi dari U-Mac --

RADARPEKALONGAN - Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Himmaptika) Universitas Pekalongan mengadakan U-MaC VII (Unikal Mathematics Competition) pada Sabtu (10/11/2023). U-MaC merupakan acara tahunan yang selalu diadakan oleh Himmaptika Unikal

Disampaikan Ketua Himmaptika Unikal Lilis Puspitasari bahwa tujuan diadakan U-Mac, yaitu untuk meningkatkan kualitas dan memotivasi siswa-siswi SMA/MA dan SMK/MAK se-Jawa Tengah dan DIY dalam mengembangkan keterampilan matematika, dan juga sebagai sarana memperkenalkan Universitas Pekalongan kepada siswa-siswi SMA/MA dan SMK/MAK se-Jawa Tengah dan DIY agar Universitas Pekalongan dapat lebih dikenal dikalangan siswa, sehingga banyak siswa yang berminat untuk melanjutkan studinya di Universitas Pekalongan dengan mengambil salah satu program studi.

BACA JUGA:KWT Poncol Pekalongan Hasilkan Ragam Olahan Produk Potensi Tambah Penghasilan

"Yang pertama kita memang berniat untuk promosi, bahwasanya Unikal ada program studi pendidikan matematika," ungkap Lilis 

Selain itu, U-Mac ini juga sebagai ajang membangun jiwa kompetitif para peserta mengikuti lomba serta meningkatkan ilmu pengetahuan para peserta.

"Karena mereka pasti mempersiapkan diri dengan baik ya, belajar terus mencari tahu apa aja sih yang akan diujikan. Nah itu itu bisa menjadi salah satu pintu masuk hadirnya sebuah ilmu pengetahuan baru," imbuhnya.

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan, Kemenkumham Jateng Hadiri Rakernis Ditjen PP

Iapun sangat berterimakasih dan bangga dengan perkembangan U- Mac yang tahun ini bisa menembus hingga Jepara dengan total peserta sebanyak 39 tim. Itu artinya U- Mac memiliki branding positif yang tentunya patut diperhitungkan.

Tidak hanya peserta lomba yanga mendapatkan manfaat dari adanya kompetisi U-Mac, selain melatih kemandirian, tanggung jawab serta kekompakan berorganisasi, nyatanya U-Mac juga memberikan manfaat bagi para mahasiswa dibidang keilmuan akademik yangmereka tekuni. Lantaran materi soal dari U-Mac adalah buatan tim mahasiswa yang dipantau oleh dosen pendamping.

"Jadi kami memang memiliki persiapan stau setengah bulan untuk observasi dan menyusun soal. Setelah jadi baru kamu ajukan dengan dosen pendamping apakah soal tersebut sudah layak untuk dikompetisikan dan sesuai dengan kurikulum dan acuan materinya," jelas Lilis.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan Atina Himma menjelas bahwa U-Mac tahun ini memiliki perbedaan dengan U-Mac tahun sebelumnya, selain jumlah peserta lebih bnyak. Konsep U-Mac tahun ini juga berbeda.

"Jadi kalau dulu peserta satu tim ada dua anak itu mengerjakan di tempat yang berbeda lalu nilainya digabungkan. Maka tahun ini merek mengerjakan di tempat yang sama dan bersama. Jadi akan lebih efektif," terang Atina.

Pihaknya berharap, U-Mac yang digelar bagi siswa-siswi SMA,SMK, MA, dan MAK ini berjalan dengan baik dan mendapatkan bibit unggul yang ahli di bidang matematika.(mal).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: