Wajib Dicoba! Inilah Manfaat Kunyit untuk Menurunkan Kolesterol secara Alami dengan Mudah

Wajib Dicoba! Inilah Manfaat Kunyit untuk Menurunkan Kolesterol secara Alami dengan Mudah

manfaat kunyit untuk menurunkan kolesterol secara alami --Youtube.com/Dokter Fery TV

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Inilah manfaat kunyit untuk menurunkan kolesterol secara alami yang dapat kamu coba dirumah.

Kunyit merupakan bahan masakan yang juga sering digunakan sebagai obat tradisional di negara-negara seperti Cina atau India. 

Rempah-rempah ini juga biasa digunakan untuk mengobati masalah kulit, persendian, organ pernapasan bagian atas, dan pencernaan. 

Belakangan, kunyit juga diklaim mampu menurunkan kadar kolesterol berkat kandungan aktif di dalamnya, kurkumin.

Namun, benarkah kunyit dapat menurunkan kolesterol dalam darah? Untuk mengetahuinya, ada baiknya kita mengenali kolesterol terlebih dahulu. 

BACA JUGA:Penurun Kolesterol Alami Terbaik, Inilah 5 Rebusan Daun untuk Turunkan Kolesterol Tinggi dengan Mudah

Kolesterol adalah zat yang diproduksi oleh hati dan diserap dari beberapa makanan hewani. Kolesterol ini juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik yang membantu melindungi jantung.

Lalu ada juga low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat yang jika terakumulasi dapat menyebabkan masalah yang berhubungan dengan jantung, seperti stroke dan serangan jantung. Jadi, apa hubungannya dengan kunyit? 

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PubMed Central, ditemukan bahwa kunyit dan kurkumin dapat menurunkan serum LDL dan trigliserida.

Ini berarti bahwa kunyit dan kurkumin dapat membantu melindungi orang yang berisiko terkena penyakit kardiovaskular, meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang hal ini. 

Kemudian, penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2018 menemukan bahwa mengonsumsi kurkumin bersama dengan pistosterol dalam makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan dapat membantu menurunkan kolesterol.

Sebuah tinjauan yang dilakukan pada tahun 2021 juga menemukan bahwa kurkumin dalam kunyit dapat mengurangi salah satu jenis lipid dan dapat menurunkan kolesterol dengan lebih baik.

Jadi pada intinya, dampak kunyit terhadap kolesterol cukup menjanjikan, meskipun masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaatnya. 

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 3 Buah Tinggi Kolesterol yang Harus Dihindari Agar Tubuh Selalu Sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: