Sering Lupa Hafalan? Ini Amalan Ala Santri Agar Mudah Menghafal Dan Tidak Cepat Lupa

Sering Lupa Hafalan? Ini Amalan Ala Santri Agar Mudah Menghafal Dan Tidak Cepat Lupa

Amalan Ala Santri Agar Mudah Menghafal Dan Tidak Cepat Lupa-Tangkap layar -Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID- Para santri di pondok pesantren serta para penuntut ilmu dimanapun tempatnya pasti saja kadangkala dituntut untuk menghafal oleh gurunya sebagian pelajaran tertentu. Terlebih di pondok pesantren, hafalan semacam nadzhoman nahwu shorf kayaknya telah jadi santapan pokok sehari-hari santri, tidak hanya hafalan Qur’an serta hadits-hadits pilihan.

Tetapi mereka kerap kesusahan dalam melaksanakannya Sehingga diperlukan panduan supaya gampang mengingat.

Untuk memperoleh ilmu ataupun pengetahuan biar gampang menghafal serta tidak gampang lupa merupakan jalan yang wajib santri tempuh untuk gampang menangkap pelajaran dari teori pembelajaran baik itu dari hasil mencermati maupun dari hasil membaca kitab untuk dapat dicerna.

Didalam kitab Durrotu al-Nashihin ada penjelasan sebagai berikut:

: الأولى صلاة الليل ولوركعتين , والثانية دوام الوضوء , ولثالثة التقوى في السر والعلانية , والرابعة ان يأكل للتقوى لاللشهوات , والخامسة السواك

Artinya : “Barangsiapa yang mau menghafal ilmu, maka dia mesti melaksanakan 5 hal : yang pertama, sholat malam (Tahajjud) meskipun cuma 2 roka’at, kedua terus menerus memiliki wudhu’( melindungi wudhu’l’),ketiga bertaqwa kepada Alloh, baik ditempat hening ataupun ditempat yang ramai. Ke-empat, makan buat tingkatkan ketaqwaan, bukan sebab mengikuti hawa nafsu. Kelima, giat bersiwak.” (Kitab Durrotun-Nashihin taman 15).

Serta di dalam kitab Ta’limul Muta’allim ada penjelasan selaku berikut :

وأقوى أسباب الحفظ: الجد والماظبة وتقليل الغذاء وصلاة الليل , وقراءة القرآن من اسباب الحفظ , قيل : ليس شيء أزيد للحفظ من قراءة القرآن نظرا

Artinya : Dan ada pula sebab-sebab yang sangat utama untuk menguatkan hafalan yakni bersungguh-sungguh, ulet, tidak banyak makan, serta shalat malam. Ada pula membaca al-Qur’an, termasuk penyebab kuat hafalan. Terdapat Ulama yang mengatakan tidak terdapat sesuatupun yang lebih menaikkan kuatnya hafalan dari pada membaca al-Qur’an sembari memandang al-Qur’an.” (Kitab Ta’limul Muta’allim, taman 54).

BACA JUGA:8 Cara Cepat Menghafal Alquran untuk Pemula, Lebih Mudan dan Efektif Lho!

BACA JUGA:Inilah Tips Menghafal Cepat Satu Halaman Al-Qur'an Per Hari Ala Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Baca Wirid Pembuka Rezeki Ini 7 Kali, Terbuka Seluruh Pintu Rezeki di Langit serta di Bumi

Dari uraian di atas bisa dipetik kesimpulan kalau bila seorang mau kokoh hafalan, hingga dia wajib melaksanakan hal-hal berikut ini :

Giat sholat tahajjud, sekalipun cuma 2 raka’at. Sehabis shalat tahajjud kemudian berdo’a, meminta kepada Allah yang Maha Pengasih serta Maha Penyayang biar dikuatkan hafalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: