Metode Gampang Menghafal Al Quran untuk Anak Usia Dini

Metode Gampang Menghafal Al Quran untuk Anak Usia Dini

Inilah Metode Gampang Menghafal Al Quran untuk Anak Usia Dini -Tangkap layar -Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Al Quran merupakan wasiat utama yang jadi pedoman serta bekal umat muslim dalam menempuh kehidupannya. Keutamaannya akan memberikan syafaat serta kemuliaan untuk siapa saja yang membaca, menghafalkan serta pula mengamalkannya. Impian tiap muslim supaya dapat jadi utrujah, muslim yang baik dalam membaca Alquran. Tiap orang tua nyatanya menginginkan anak generasi yang lebih baik dari dirinya. Mengarahkan apapun kepada anak –anak usia dini akan terekam kokoh dalam ingatannya, semacam syair lagu yang berbunyi “belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu, belajar sehabis berusia bagai mengukir di atas air”.

Dari Abu Musa Al As’ari, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,”permisalan orang muslim yang membaca Al quran bagaikan buah utrujah semacam buah jeruk), baunya harum rasanya lezat. Permisalan orang muslim yang tidak membaca Al quran bagaikan kurma, rasanya lezat tetapi tidak terdapat baunya. Serta perumpamaan orang fajir (pendosa) yang membaca Al quran bagaikan buah raihanah semacam kemangi) baunya harum rasanya getir. Perumpamaan orang fajir yang tidak membaca Al quran semacam buah hanzalah, rasanya getir serta tidak mempunyai bau”.

Menyadari betul kalau cuma Allah yang dapat menolong membaca serta menghafal Al Qur'an.

BACA JUGA:Gus Iqdam Bocorkan 3 Perkara untuk Meraih Kebahagiaan Menurut Islam, Wajib Dipelajari oleh Setiap Muslim!

Perbanyak “Reward” minimalkan “Punishment”

Dalam kegiatan pendidikan Al quran, bagikan penghargaan ataupun reward. Reward yang diberikan mempunyai 2 makna ialah reward maknawi sebagai materi ungkapan maknawi yang sangat simpel dapat berbentuk doa semacam : mudah-mudahan Allah memberkahi, bagus, mumtaz (excellent) ataupun kalimat “subhanallah anak pintar”. 

Perdengarkan kalimat-kalimat yang positif, jauhi dari kalimat yang negatif seperti kalimat celaan. 

Sedangkan reward yang bertabiat materi disesuaikan dengan usaha serta seberat apa tantangannya. Serta bisa pula disesuaikan dengan budget, jangan lupa lebih perhatikan aspek manfaat serta edukasinya. Sebetulnya anak bukan mau suatu yang mahal, namun rasa dihargai, diakui kemampuannya yang tulus dari hati orangtua ataupun pendidik, tentu akan memancarkan energy positif serta sampai ke dalam hati anak-anak.

BACA JUGA:Inilah 4 Jenis Teh yang Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi, Wajib Kamu Coba

Setiap hari bersama Al quran

Supaya anak bisa akrab dengan Al quran, upayakan tiap hari anak diajak membaca Al quran. Ulang kembali hafalan bacaan quran dan anak mengikuti ataupun perdengarkan surat yang lagi dihafalkan disaat anak bermain ataupun menjelang tidur, sehingga hafalannya bisa menempel kokoh diingatan anak.

Insya Allah dengan mempraktikkan sebagian prinsip gampang menghafal Al quran, para pendidik serta orangtua terus menjadi gampang berhubungan dengan anak dalam mengarahkan hafalan bacaan Al Quran. Mudah-mudahan anak-anak bisa lebih menyayangi Al quran serta dimudahkan dalam membacanya. Aamiin.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: