Lengkap dengan Ciri dan Contohnya! Ini Pengertian Novel Sejarah yang Perlu Kamu Tahu

Lengkap dengan Ciri dan Contohnya! Ini Pengertian Novel Sejarah yang Perlu Kamu Tahu

Lengkap dengan Ciri dan Contohnya! Ini Pengertian Novel Sejarah yang Perlu Kamu Tahu--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Novel sejarah secara umum merupakan Novel yang mengangkat kisah, peristiwa, atau kejadian di masa lalu meski dibumbui dengan narasi fiksi.

Novel merupakan salah satu karya saja yang memiliki ragam berlimpah, salah satunya adalah novel sejarah

Dalam novel fiksi, sangat mungkin terdapat hasil imajinasi penulis, tidak murni hanya berisikan apa yang benar-benar terjadi dalam sejarah peradaban manusia.

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud, novel sejarah itu adalah novel yang mengusung tema imajinatif.

Meski didasarkan pada fakta di kehidupan nyata, kisah dalam novel sejarah diceritakan dalam sudut pandang yang berbeda.

Penasaran dengan apa itu novel sejarah yang sebenarnya? Kamu bisa menyimak artikel ini sampai akhir untuk dapat mengetahui informasi itu, berikut ciri dan contoh dari novel sejarah.

BACA JUGA 4 Rekomendasi Novel Fantasi Indonesia dengan Alur yang Menakjubkan, Tak Kalah Seru dengan Novel Internasional!

Apa Itu Novel Sejarah?

Utamanya, novel dapat didefinisikan sebagai prosa dalam jumlah panjang yang di dalamnya mengandung serangkaian cerita tentang kehidupan seseorang dan mereka yang ada di sekelilingnya. 

Dalam novel, terdapat istilah unsur intrinsik dan ekstrinsik yang harus selalu ada. Oleh karenanya, novel dibangun dengan konflik yang dihadapi oleh para tokohnya sebagai media untuk memasukkan unsur-unsur tersebut. 

Novel merupakan jenis karya sastra yang lebih panjang dan kompleks dibandingkan dengan karya sastra lain seperti cerita pendek, syair, puisi, dan lainnya.

Sedangkan secara spesifik, apa itu novel sejarah dimaknai sebagai novel yang memberikan informasi sejarah kepada pembacanya melalui penceritaan yang ringan dan lebih menyenangkan.

Novel sejarah merupakan karya sastra yang tidak bisa ditulis hanya berdasarkan imajinasi penulis, tetapi juga harus melalui pemuatan fakta sejarah di masa lalu.

Novel sejarah atau historical novel atau novel sejarah adalah novel dengan latar periode sejarah, yang berusaha menyampaikan semangat dan kondisi sosial dari masa lalu secara detail.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: