Inilah 10 Buah yang Harus Dihindari untuk Program Hamil

Inilah 10 Buah yang Harus Dihindari untuk Program Hamil

Buah yang Harus Dihindari untuk Program Hamil--freepik.com/freepik

2. Nanas

Buah bercita rasa asam manis ini memiliki rasa yang segar dan sering menjadi pelengkap dalam hidangan rujak. Namun, nanas merupakan salah satu buah yang dilarang untuk program hamil. 

Pasalnya, mengonsumsi nanas secara berlebihan dapat menyebabkan kontraksi rahim. Bahkan, hal ini juga dapat memicu keguguran.

Nanas sendiri mengandung bromelain yang merupakan enzim pemecah protein dan dapat melunakkan leher rahim. Akibatnya, kamu akan mengalami persalinan dini.

3. Kurma

Saat berpuasa,  seringkali diharuskan untuk berbuka dengan yang manis-manis, seperti makan kurma. Namun, sayangnya buah ini termasuk ke dalam buah yang dilarang untuk program hamil. 

Alasannya, kurma dapat membuat suhu tubuhmu meningkat sehingga memicu terjadinya kontraksi pada rahim. Meski begitu, kamu tetap bisa mengonsumsi buah ini dengan takaran 1-2 butir kurma per hari.

4. Pisang

Meski sering dianggap aman, pada kasus tertentu makan pisang juga bisa membahayakan janin.

Pasalnya, pisang mengandung gula yang tinggi sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dengan diabetes gestasional.

Pisang memiliki zat mirip lateks yang disebut kitinase yang biasa dikenal sebagai alergen. Zat ini menyebabkan suhu tubuh meningkat.

Oleh karena itu, pisang termasuk salah satu buah yang dilarang untuk program kehamilan. Jadi, jika kamu memiliki riwayat alergi terhadap kitinase, sebaiknya hindari buah ini.

5. Anggur

Rasanya yang manis dan asam dengan warna yang beragam membuat buah ini sangat disukai. Sebab, buah ini memiliki banyak manfaat karena kandungan nutrisinya yang beragam. Namun, ibu hamil harus waspada. 

Pasalnya, buah anggur mengandung senyawa resveratrol, terutama pada bagian kulitnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: