Keren, Wihaji jadi Penguji Kehormatan Promosi Doktor

Keren, Wihaji jadi Penguji Kehormatan Promosi Doktor

UJIAN - Bupati Batang, Wihaji selaku anggota dewan penguji, menguji promovendus Purwo HandutoSabtu, (29/2/2020) di Unissula Semarang.

BATANG - Pertama kalinya dalam sejarah, seorang kepala daerah menjadi anggota dewan penguji kehormatan. Seperti dialami Bupati Batang, Dr H Wihaji SAg MPd, Sabtu (29/2/2020).

Wihaji didaulat sebagai anggota penguji kehormatan promosi doktor di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang. "Saya tidak tahu saya dijadikan penguji, tapi syarat saya memenuhi jadi dewan penguji," kata Wihaji.

Dia berkesempatan menguji promovendus Himawan Purwo Handuto SKM SH MH yang merupakan Kepala Seksi Pembinaan dan Pelayanan KB Dinas DP3AP2KB Kabupaten Batang.

Ia menyebutkan bahwa di Pemkab Batang sudah ada lima ASN yang menyandang gelar doktor, satu lulusan dari Jepang dan empat lainnya dari universitas di Indonesia.

"Ilmu yang diraihnya semoga membawa manfaat lebih banyak lagi buat masyarakat, bangsa dan negara," ujar Wihaji, alumni Magister dan Doktor Universitas Negeri Jakarta UNJ).

Selain Wihaji, ujian terbuka Ilmu Hukum itu juga menghadirkan tim penguji yang meliputi, Ketua Dewan Penguji Prof Dr H Gunarto SH SE Akt MHum, Dr Hj Anis Mashdurohatun SH MHum, Prof Dr Teguh Prastyo SH MSi, Dr Hj Sri Endah Wahyuningsih SH MHum, Dr Maryanto SH MH, dan Prof Dr Eko Soponyono SH MHum.

"Kalau saya menjadi catatan sejarah bagi civitas akademi Unissula, mungkin ini hanya kebetulan saja. Karena salah satu tema dari Presiden Jokowi yakni SDM unggul, maka ini menjadi inspirasi dan semoga ASN di Pemkab Batang mampu meningkatkan SDM nya," jelas Wihaji.

Mungkin juga, lanjutnya, promovendus ini melakukan risetnya di wilayah Kabupaten Batang. Di mana disertasinya mengenai persoalan yang sering didiskusikan tentang rekonstruksi peraturan pembangunan obat secara langsung oleh tenaga medis berbasis nilai keadilan.

Sementara itu, Anggota Dewan Penguji Dr Hj Anis Mashdurohatun SH Hum, mengatakan bahwa didaulatnya Bupati Wihaji sebagai anggota dewan penguji kehormatan menjadi catatan dalam sejarah di Unissula Semarang. Sebab baru pertama kali pengujinya seorang bupati.

"Ini baru pertama kali bupati menjadi angggota dewan penguji, karena di kesibukannya berkenan menjadi penguji, sehingga menjadi sejarah di Unissula," jelas Ketua Prodi S3 Fakultas Hukum Unissula itu.

Semantara, promovendus Himawan Purwo Handuto SKM SH MH dinyatakan lulus dengan predikat Cum Laude yang disampaikan oleh Ketua Dewan Penguji, Prof Dr H Gunarto SH SE Akt M Hum. (fel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: