Meraub Berkah Bagi Bisnis Percetakan di Pekalongan Selama Momen Pemilu

Meraub Berkah Bagi Bisnis Percetakan di Pekalongan Selama Momen Pemilu

Cetak - Pekerja yang tengah bekerja di percetakan Akhdan Kajen, Kabupaten Pekalongan.-FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID- Pesta demokrasi akan segera digelar. Tahun ini banyak dari mereka calon legislatif (caleg) yang gencar mempromosikan diri lewat berbagai cara. Adanya pesta demokrasi ini barang tentu juga meningkatkan perekonomian bagi sejumlah usaha. 

Salah satu usaha yang meraub berkah dari pemilihan umum (pemilu) adalah bisnis percetakan. Banyak dari para caleg ini biasanya memesan beberapa atribut promosi seperti spanduk, brosur, kalender, kartu nama, hingga stiker yang memampangkan wajah lengkap dengan nomor urutnya.

Desi Afrianingsih, salah satu pemilik usaha percetakan Akhdan Souvernir dan Digital Print di Kajen, Kabupaten Pekalongan ini mengatakan, kini usaha bisnis percetakan nya sudah mulai mengalami peningkatan pemesanan produk yang berkaitan dengan pemilu hingga memasuki tahun baru 2024 ini. Bahkan menurutnya, pemesan sendiri sudah mulai datang dari jauh-jauh hari.

BACA JUGA:Para Bapak Gaul Merapat Inilah Mobil Wagon Bekas Murah, Harganya Mulai Rp 60 Jutaan Gak Bikin Kantong Kering!

BACA JUGA:Muhammadiyah Batang Bebaskan Warganya Gunakan Hak Pilih di Pemilu 2024

Menurutnya, dibandingkan hari biasa peningkatan pada momen pemilu ini sudah naik hingga bekali lipat.

“Alhamdulillah, semakin meningkat sejauh ini. Bisa dibilang kenaikan sudah masuk hingga 80 persen untuk orderan,” ungkap Desi saat dikonfirmasi Radar, Senin (8/1/2024).

Rata-rata para pemesan tersebut mencetak kalender yang bergambar promosi sang calon.

"Bayak dari mereka yang pesan Spanduk, Kartu nama, Kalender bahkan souvenir yang dinilai masih jadi bahan kampanye yang cukup efektif," katanya.

Meski sejauh ini pesanan yang masuk sudah banyak, dari segi harga tidak ada kenaikan sejuah ini.

"Justru semakin banyak harga semakin murah. Harga untuk pembuatan spanduk Pemilu saja mulai Rp15.000/m dengan min order 1rol bahan. Dan untuk Souvenir dan kalender, harga mulai Rp5.000/pcs min order 500pcs," jelasnya.

Usaha percetakan yang ditekuni sejak 2008 ini  bahkan kini mampu menambah karyawan dengan banyaknya orderan yang masuk. "Alhamdulillah sudah tambah karyawan," lebih lanjut.

Pihaknya pun berharap, dengan memanfaatkan momen pemilu ini para pengusaha percetakan bisa berkolaborasi denga baik dan tidak saling menjatuhkan.

"Selalu solid dalam memberikan harga kekonsumen,tidak saling menjatuhkan harga satu sama lain. Dan kedepan khususnya akhdan digital Print & souvenir bisa terus berkolaborasi dan bekerja sama dengan semua pihak,terutama para caleg yang lain,dan pemerintahan,sehingga bisa membantu pelaku UMKM untuk bisa naik kelas,bela Indonesia beli Indonesia," tandasnya.(ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: