Jalani Bebas Bersyarat, 2 orang Warga Binaan Lapas Pekalongan Menjalani Tes Urine

Jalani Bebas Bersyarat, 2 orang Warga Binaan Lapas Pekalongan Menjalani Tes Urine

Jalani bebas bersyarat, 2 orang warga binaan Lapas Pekalongan menjalani tes urine.-Dok/Lapas Pekalongan-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Sebagai langkah persiapan sebelum memasuki program pembebasan bersyarat, dua orang warga binaan Lapas Pekalongan menjalani tes urine secara ketat, Rabu, 24 Januari 2024.

Program ini merupakan upaya untuk memastikan keberhasilan reintegrasi sosial mereka ke dalam masyarakat setelah menjalani masa hukuman.

Proses pembebasan bersyarat tersebut melibatkan pengawasan ketat dari pihak kejaksaan negeri dan balai pemasyarakatan setempat. 

Tujuan utamanya adalah memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat sekitar sambil memberikan kesempatan kepada warga binaan untuk kembali menjadi anggota produktif dalam kehidupan sosial.

BACA JUGA:Lapas Pekalongan Tanda Tangani Pakta Integritas Tahun 2024 dan Berkomitmen Beri Pelayanan Lebih Baik

BACA JUGA:Kalapas Sosialisasikan Urgensi dan Manfaat Relokasi Lapas Pekalongan di Desa Larikan

Kegiatan tes urine ini dilaksanakan sebagai salah satu indikator berkelakuan baik yang menitikberatkan bahwa warga binaan tersebut telah bebas dari penyalahgunaan narkotika.

Kalapas Pekalongan, Asih Widodo, melalui Kasubsi Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan, Dody Noor Wibowo, menjelaskan pentingnya tes urine sebagai langkah awal reintegrasi. 

"Kami ingin memastikan bahwa warga binaan yang akan bebas bersyarat benar-benar siap untuk kembali ke masyarakat tanpa memikul beban masalah narkoba atau zat terlarang lainnya. Tes urine ini menjadi salah satu indikator utama untuk memastikan hal tersebut," ungkap Dody.

Tes urine dari kedua warga binaan tersebut menunjukkan hasil negatif. Dan proses selanjutnya, warga binaan akan melapor ke Kejaksaan Negeri Kota Pekalongan dan Balai Pemasyarakatan Kelas II Pekalongan. 

BACA JUGA:Petugas dan WBP Lapas Pekalongan Dites Urine BNNK Batang, Hasilnya Negatif Narkoba

BACA JUGA:Tes Urine, Semua Pegawai Rupbasan Pekalongan Negatif Narkoba

Dengan adanya tes urine dan program rehabilitasi yang komprehensif, diharapkan pembebasan bersyarat dapat berjalan lancar dan memberikan peluang kedua bagi warga binaan untuk membangun kehidupan yang lebih baik. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: