Terkenal Pendiam dan Kamu, Ternyata Ada juga Kelebihan Introvert dalam Komunikasi yang Sangat Unik!

Terkenal Pendiam dan Kamu, Ternyata Ada juga Kelebihan Introvert dalam Komunikasi yang Sangat Unik!

Kelebihan introvert dalam komunikasi--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Di balik ciri khas pendiam dan cenderung enggan terlibat dalam dunia sosial, ternyata terdapat kelebihan introvert dalam komunikasi yang kadang tidak disadari.

Ternyata, di balik sikapnya yang cenderung pasif dalam lingkungan sosial, introvert memiliki kepribadian yang unik dan menjadi kelebihan introvert dalam komunikasi.

Sayangnya, tidak semua orang menyadari hal ini, bahkan termasuk pemilik kepribadian introvert. Akibatnya, kelebihan ini tidak dioptimalkan.

Untukmu seorang introvert yang ingin menjadi komunikator baik, maka sudah saatnya kamu mengetahui kelebihan introvert dalam komunikasi yang kamu miliki.

Penasaran apa saja kelebihan itu? Yuk, simak sampai akhir!

BACA JUGA Hindari! 5 Sikap Buruk dalam Komunikasi Ini Bisa Buat Orang Malas Berbicara Denganmu

Memiliki Kestabilan Emosi dan Kesabaran yang Baik

Introvert bukanlah seseorang yang berapi-api. Sebaliknya, mereka dicirikan dengan sifat sabar dan keseimbangan emosi yang luar biasa.

Mereka mampu mempertahankan stabilitas suasana hati, bahkan ketika sedang menghadapi konflik atau perbedaan pendapat dalam kehidupan.

Ciri khas yang satu ini kemudian menjadi salah satu kelebihan introvert dalam komunikasi yang terbesar, yakni bahwa mereka pandai mengendalikan diri. Meski tengah berada di dalam konflik, mereka tetap menyikapi dengan kepala dingin sehingga konflik itu tidak semakin membesar.

Observatif

Kamu pasti sudah sering mendengar bahwa salah satu ciri introvert adalah sikap pasifnya dalam kehidupan sosial. Akan tetapi, sebenarnya tidak demikian.

Ketika introvert memilih diam, sebenarnya mereka sedang aktif mengamati. Mereka gemar untuk memperhatikan lingkungan dan orang-orang di sekitarnya membuat mereka menjadi observant yang baik terhadap perubahan dan situasi. Hal ini juga memberi mereka wawasan mendalam tentang lingkungan sosialnya.

Kebiasaannya ini membuat seorang introvert menjadi pribadi yang lebih peka dalam proses komunikasi. Kelebihan introvert dalam komunikasi pada konteks ini adalah bahwa mereka merupakan orang-orang yang peka dan selalu menilai situasi sebelum mengatakan sesuatu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: