5 Jenis Ikan yang Bisa Dimakan Penderita Batu Ginjal, Aman Dimakan Tanpa Takut Akan Sakit Ginjal

5 Jenis Ikan yang Bisa Dimakan Penderita Batu Ginjal, Aman Dimakan Tanpa Takut Akan Sakit Ginjal

Ikan yang Bisa Dimakan Penderita Batu Ginjal--Youtube.com/Hidup Sehat TvOne

BACA JUGA:4 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya, Atasi Hipertensi, Batu Ginjal Hingga Diabetes

BACA JUGA:6 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya, Obat Penyakit Ginjal, Asam Urat dan Kolesterol

Ikan yang Bisa Dimakan Penderita Batu Ginjal

1. Salmon

Salmon sangat kaya akan asam lemak omega-3 esensial. Ikan ini juga mengandung senyawa astaxanthin. Astaxanthin bermanfaat untuk jantung, otak, sistem saraf, dan kesehatan kulit.

Lemak omega-3 yang ditemukan dalam salmon membuatnya cocok untuk meningkatkan fungsi ginjal. Lemak ini akan membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan ginjal.

Namun, menurut Fresenius Kidney Care, ikan ini juga tinggi kalium dan fosfor, sehingga penderita CKD tidak boleh berlebihan dalam menentukan ukuran porsinya.

2. Ikan sarden

Sarden kaya akan mineral dan vitamin. Sarden merupakan makanan bagi penderita ginjal karena kandungan asam lemak omega-3 yang dikandungnya.

Konsumsi lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan sarden bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Tekanan darah tinggi memiliki efek yang kuat pada kesehatan ginjal.

Oleh karena itu, pemeliharaannya akan sangat mempengaruhi peningkatan fungsi ginjal.

3. Tuna

Semua tuna kaya akan protein dan juga asam lemak omega-3. Namun, alih-alih tuna kalengan, pilihlah tuna segar dengan kandungan garam yang lebih rendah.

4. Ikan teri

Ikan kecil seperti teri mengandung banyak lemak dan protein sehat. Jika memungkinkan, pilihlah ikan segar, karena ikan kaleng, termasuk sarden kalengan, ikan asap, dan acar herring, dapat mengandung banyak natrium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: