Miliki 24 SMP Berkeunggulan Lokal, Disdikbud Batang Harap Sekolah Punya Branding Sendiri

Miliki 24 SMP Berkeunggulan Lokal, Disdikbud Batang Harap Sekolah Punya Branding Sendiri

Plt Kepala Disdikbud Batang, Bambang Suryantoro Sudibyo -Radar Pekalongan/Novia Rochmawati -

BATANG, RADAR PEKALONGAN.DISWAY.ID - Miliki 24 SMPN Berkeunggulan Lokal, Disdikbud BATANG harap sekolah punya branding sendiri.

Branding ini diharapkan bisa menjadi ciri khas masing-masing sekolah, agar tak hanya sekadar unggul secara akademik, tapi juga unggul di bidang lain. 

Hal ini seperti disampaikan Plt Kepala Disdikbud Batang, Bambang Suryantoro Sudibyo saat diwawancarai usai kegiatan gelar karya di SMPN 4 Batang, Rabu 31 Januari 2024. 

"Kami berharap sekolah punya branding masing-masing. Misalnya ini di SMPN 4 Batang ada tari atau ketoprak. SMP mana basket. Jadi setiap sekolah tidak mesti sama, punya keunggulan masing-masing yang menjadi branding mereka," ujarnya. 

Bambang menyebut, untuk mendukung sekolah berkeunggulan lokal, pihaknya juga turut memberikan insentif bantuan. Dimana tahun ini akan ada sekitar 10 sekolah yang akan mendapatkan bantuan. 

Saat ini di Batang sendiri total sudah ada 24 SMPN Berkeunggulan Lokal. Baik unggul dari segi budaya, karakter, Adiwiyata, TIK, agama, perkebunan atau keunggulan lokal lainnya. 

Ada sekolah berkeunggulan Adiwiyata, seperti SMPN 2 Limpung, SMPN 6 Batang, SMPN 1 Wonotunggal, SMPN 3 Gringsing, SMPN 2 Subah, SMPN 1 Bandar dan SMPN 1 Limpung. 

Kemudian ada sekolah berkeunggulan budaya, seperti SMPN 1 Pecalungan, SMPN 1 Subah, SMPN 1 Bawang, SMPN 3 Reban, SMPN 7 Batang, dan SMPN 3 Blado. 

Selanjutnya ada sekolah berkeunggulan Berkarakter, seperti SMPN 2 Subah, SMPN 3 Bandar, SMPN 4 Gringsing, SMPN 2 Reban, SMPN 3 Bawang. Kemudian ada SMPN 3 Batang dan SMPN 1 Gringsing yang masuk sekolah berkeunggulan Olahraga. 

Dan ada juga SMPN 1 Warungasem dan SMPN 4 Bandar yang masuk sekolah berkeunggulan Agama. SMPN 2 Blado sekolah berkeunggulan TIK, dan juga ada SMPN 1 Wonotunggal yang Berkeunggulan di bidang Perkebunan. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: