Luar Biasa! Ini 4 Trik Komunikasi Ala Rasulullah yang Santun Sekaligus Powerful

Luar Biasa! Ini 4 Trik Komunikasi Ala Rasulullah yang Santun Sekaligus Powerful

Trik komunikasi ala Rasulullah--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Dikirim sebagai penyempurna akhlak, Nabi Muhammad SAW juga memberikan peninggalan berupa trik komunikasi ala Rasulullah yang santun, tetapi tegas dan powerful melalui teladan yang beliau berikan sepanjang hidup.

Komunikasi merupakan aspek dasar dalam kehidupan manusia agar bisa bertahan hidup sebagai makhluk sosial dan mencapai berbagai tujuan tertentu.

Komunikasi dibutuhkan oleh semua orang tanpa terkecuali, termasuk oleh Rasulullah SAW yang membawa misi untuk menyebarkan Islam dan menjadi tauladan yang baik untuk ummat.

Dalam misi dakwah yang dijalankan, Nabi SAW memberikan teladan berupa trik komunikasi ala Rasulullah yang santun dan beradab, di mana dakwah yang dijalankan tidak bertendensi untuk melukai orang lain.

Trik komunikasi ala Rasulullah tersebut merupakan hal yang seharusnya juga dipraktikkan oleh kita sebagai umat Islam.

Artikel ini akan menyajinaknmu beberapa trik komunikasi ala Rasulullah yang bisa dijadikan sebagai panduan dalam berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari ataupun untuk menjalankan tujuan tertentu.

Yuk, simak apa saja trik komunikasi ala Rasulullah tersebut!

BACA JUGA Apa Itu Komunikasi Asertif? Pahami Makna, Dampak, dan Ciri-ciri Teknik Ini untuk Berkomunikasi dengan Tegas

Menyertakan Senyum dalam Berkomunikasi

Rasulullah SAW adalah sosok yang pemurah, ramah, dan baik hati. Karakter tersebut secara otomatis turut serta dalam kebiasaan komunikasi Rasulullah, di mana beliau selalu tersenyum dan tetap tegas.

Hal ini termaktub dalam hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, Ibu Hibban, dan Baihaqi di mana Rasulullah mengatakan, “Tersenyum ketika bertemu dengan saudara kalian adalah termasuk ibadah.”

Senyum juga merupakan salah satu keutamaan akhlak Rasulullah SAW, yang sekaligus menjadi salah satu bentuk ibadah yang beliau contphkan kepada umat. 

Sebagai penguat bahwa salah satu trik komunikasi ala Rasulullah adalah dengan menyertakan senyum, kamu bisa menyimak hadits riwayat At-Tirmidzi yang berisi bahwa Abdullah bin al-Haris R.A. berkata, “Tidak pernah aku melihat seseorang yang lebih banyak tersenyum daripada Rasulullah.”

Berpenampilan Baik dan Menarik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: