Waspada! Sadari 5 Masalah Komunikasi yang Sering Terjadi dalam Hubungan

Waspada! Sadari 5 Masalah Komunikasi yang Sering Terjadi dalam Hubungan

Masalah komunikasi yang sering terjadi dalam hubungan--Freepik.com

Selain itu, tidak mendengarkan dengan baik dan malah memotong pembicaraan akan membuat pasangan merasa tidak dihargai. Itu bisa sangat menyakiti perasaannya.

Merasa Tidak Cukup

Selanjutnya, masalah komunikasi yang sering terjadi dalam hubungan adalah perasaan tidak cukup dalam diri seseorang terkait pasangan dan hubungan yang mereka miiliki. Memang, manusia memiliki kecenderungan untuk sulit merasa puas. Dan hal ini juga termasuk di dalam hubungan.

Kamu maupun pasanganmu sangat mungkin merasa tidak cukup, merasa pasangan kurang ini dan itu, ia seharusnya begini dan begitu. Sayangnya kamu tak bisa berkespektasi terlalu tinggi dan berharap ekspektasimu terpenuhi. Cara terbaik adalah belajar menerima dan lebih banyak bersyukur.

Kamu bisa mengomunikasikan hal-hal seperti ini kepada pasanganmu. Akan tetapi, kamu juga tidak bisa memaksakan pasanganmu untuk menjadi sosok sempurna di matamu.

Yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah komunikasi yang sering terjadi dalam hubungan ini adalah dengan mengajak pasanganmu menjadi pribadi yang lebih baik dan belajar dari masa lalu.

Selebihnya, berusahalah untuk menerima lebih dan kurangnya pasanganmu.

BACA JUGA 7 Contoh Komunikasi yang Efektif, Tanda Bahwa Kamu Pandai Berbicara Tanpa Bikin Orang Salah Paham!7 Contoh Komunikasi yang Efektif, Tanda Bahwa Kamu Pandai Berbicara Tanpa Bikin Orang Salah Paham!bikin-orang-salah-paham

Ingin Menang Sendiri

Manusia selalu hadir sepaket dengan egonya. Itu sebabnya, bukanlah hal yang mustahil jika manusia ingin menang sendiri, bahkan dari pasangan mereka. Sayangnya, ini merupakan sesuatu yang berbahaya jika dibiarkan begitu saja tanpa segera ditangani.

Keinginan diakui memang alami untuk semua manusia, tapi jika ingin menang sendiri, itu masalah yang serius. Sifat ini akan membuat lelah pasangan.

Salah Paham

Di antara masalah komunikasi yang sering terjadi dalam hubungan yang sudah disebutkan, salah paham adalah hal yang paling lumrah terjadi. 

Ini sering terjadi ketika tidak ada penjelasan ketika masalah muncul. Satu sama lain harus bisa menjelaskan duduk permasalahnnya, mengungkapkan perasaan dengan jujur dan mengatakan apa yang salah. Salah paham sering terjadi ketika dibutakan rasa cemburu dan memendam sendiri perasaan dengan dalih semuanya akan baik-baik saja.

Jadi, apakah masalah komunikasi yang sering terjadi dalam hubungan eksis dalam hubunganmu dengan pasangan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: